Arti Kata Holong dalam Bahasa Batak dan Penggunaanya untuk Sehari Hari

Iqbal Widiarko
Kamis 23 Juni 2022 23:38 WIB
Arti Kata Holong dalam Bahasa Batak dan Penggunaanya untuk Sehari Hari
Arti kata holong dalam bahasa batak. (Foto: celebrities.id/Instagram: @bataknesia)

JAKARTA, celebrities.id - Arti kata holong dalam bahasa Batak sering diucapkan para artis dan penyanyi keturunan Batak di berbagai platform media sosial sebagai rasa cintanya kepada para penggemar. Suku Batak adalah suku yang tinggal di area Danau Toba, Sumatera Utara.

Suku tersebut tersebar di seluruh wilayah provinsi Sumatera Utara. Kebanyakan, suku Batak dikenal dengan sifat orang-orangnya yang pekerja keras, tegas dan disiplin.

 Disamping tradisi Mangulosi, Suku Batak juga dikenal mempunyai tari tor-tor yang sering ditampilkan dalam berbagai acara, seperti pernikahan, acara keagamaan dan penyambutan tamu.

Dalam berbagai macam acara tersebut, umumnya juga dimainkan alat musik suku Batak yakni sejenis gamelan yang dikenal dengan nama lima taganing.

 Bahasa Batak juga banyak jenisnya di Indonesia seperti Batak Angkola, Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Simalungun dan lain sebagainya.

Dilansir dari berbagai sumber,  kamis (23/6/2022), celebrities.id telah merangkum arti kata holong dalam bahasa Batak, sebagai berikut.

Arti Kata Holong dalam Bahasa Batak

Dalam literasi bahasa Indonesia kata 'holong' berarti kasih, cinta dan menaruh hati.

 Kata yang sering dituliskan dalam media sosial seperti holong ni roha yang bermakna kasih atau cinta kasih.

Ada juga marholong ni roha yang berarti mencintai, kasih akan dan punya kasih sayang. Kemudian kosakata seperti manghaholongi juga dapat diartikan mencintai. 

Selain itu ada juga holong rohana di ahu atau mida ahu bermakna dia sayang padaku atau dia cinta padaku. Kemudian masihaholongan artinya saling mencintai. Lalu haholongan ni roha yang berarti kekasih dan holong mangalap holong yang diartikan kasih berbalas kasih.

 

1
/
2