Arti Kata Lato-Lato, Mainan Jadul yang Kembali Viral

Icon CameraBertold Ananda
Senin 16 Januari 2023 17:24 WIB
Arti Kata Lato-Lato, Mainan Jadul yang Kembali Viral
Arti kata lato-lato. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Arti kata lato-lato mungkin banyak yang belum tahu. Permainan ini tengah viral di masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa menggandrungi permainan jadul ini. 

Tak hanya itu, anak-anak juga antusias mengikuti lomba lato-lato yang diselenggarakan sejumlah pihak.

Bagi yang belum tahu, lato-lato sebenarnya mainan tahun 1990an yang kembali populer. Permainan ini banyak diminati kembali oleh anak-anak kecil dan mendatangkan untung bagi para pedagang.

Lantas, apa arti kata lato-lato yang saat ini viral? Cari jawabannya melalui ulasan satu ini.

Berikut celebrities.id merangkum dari beberapa sumber pada Senin (16/1/2023) terkait arti kata lato-lato.

Arti Kata Lato-Lato

Kata lato-lato diambil dari Bahasa Bugis, Makassar yang berasal dari kata “kajao-kajao” atau “nenek-nenek” yang artinya perempuan yang sudah tua. Namun seiring berjalannya waktu kata tersebut mengalami perubahan hingga akhirnya pengucapan menjadi kato-kato dan saat ini diubah kembali dengan nama lato-lato.

Meski nama lato-lato diambil dari bahasa Bugis, namun bukan berarti permainan ini pertama kali diciptakan oleh suku bugis. Pada dasarnya permainan lato-lato pertama kali populer dan dibuat oleh negara Amerika tahun 1960 sampai 1970.

Saking populernya permainan ini dulunya terdapat ajang kompetisi pertandingannya. Seiring berjalannya waktu, permainan ini menjalar ke berbagai negara, di antaranya Amerika Latin, Argentina  hingga di Indonesia.

Saat ini bermain lato-lato dianggap sebagai salah satu bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak. Hal itu karena lato-lato dipercaya dapat melatih fokus, konsentrasi serta menjadi permainan positif untuk menjauhkan anak dari smartphone.

Editor : Oktiani Endarwati

Follow Berita Celebrities di Google News