Arti Kata Syaja'ah dalam Bahasa Arab, Sebuah Ungkapan Keberanian

Iqbal Widiarko
Jumat 24 Juni 2022 14:00 WIB
Arti Kata Syaja'ah dalam Bahasa Arab, Sebuah Ungkapan Keberanian
Arti kata Syaja'ah dalam Bahasa Arab. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Arti kata Syaja'ah dalam Bahasa Arab merupakan kata yang kerap diucapkan seorang muslim dalam menyatakan keberanian.

Dalam Islam, sebenarnya ajaran mengenai keberanian sudah diwakilkan dari kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan Islam di dunia.

Allah SWT juga memberikan contoh pelajaran dari sikap Nabi Adam saat melakukan kesalahan, beliau tidak limpahkan kesalahan itu kepada setan yang menggodanya. Namun, beliau akui kesalahan dirinya sehingga terbukalah pintu ampunan untuknya. 

Seseorang dikatakan berani jika dirinya tetap mampu bermujahadah linafsi atau dengan kata lain dapat mengontrol hawa nafsu dan amarahnya.

Rasulullah SAW juga telah mengajarkan untuk tidak marah secara berlebihan. Jika masih muncul perasaan tersebut maka ubahlah posisi tubuh. Apabila masih merasakan amarah, maka pergi dan ambillah wudhu.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (24/6/2022) telah merangkum arti kata syaja'ah dalam Bahasa Arab, sebagai berikut.

Arti Kata Syaja'ah dalam Bahasa Arab

Mengutip dari situs Kemenag, Syaja’ah dalam kamus Bahasa Arab bermakna keberanian atau keperwiraan, yakni seseorang yang memiliki keberanian untuk bersabar dalam menghadapi sebuah masalah atau rintangan dalam hidup. 

Di samping itu, Syaja’ah bukan berarti berani berkelahi dengan orang lain dengan semena-mena, melainkan suatu sikap mental seseorang yang dapat menguasai jiwanya dan berbuat dengan semestinya.

Secara bahasa, syaja’ah juga dimaknai sebagai nyata atau kekuatan jelas, keberanian, tekun, kegagahan, kekuatan hati menghadapi keputusasaan, tenang, sabar dan dapat menguasai diri. Sementara menurut istilah, syaja’ah merupakan kemampuan menundukkan jiwa supaya tetap tegar, teguh dan tetap maju ketika berhadapan dengan permasalahan hidup atau musibah. 

Penerapan Syaja’ah dalam Kehidupan Sehari-hari

a. Memiliki rasa takut kepada Allah SWT.
b. Berperilaku lebih mencintai akhirat daripada dunia.
c. Bertindak tidak ragu-ragu, berani dengan pertimbangan yang matang.
d. Bersifat tawadhu dan tidak menomorsatukan kekuatan materi.
e. Bertawakal dan yakin akan pertolongan Allah SWT.

Jenis-Jenis Syaja'ah

Syaja'ah juga terbagi dalam dua jenis, yaitu:

1. Syaja’ah Harbiyah, yakni keberanian yang terlihat atau tampak, sebagai contoh keberanian dalam medan tempur di waktu perang.
2. Syaja’ah Nafsiyah, yakni keberanian menghadapi bahaya atau penderitaan atau masalah dan menegakkan kebenaran.

Editor : Oktiani Endarwati