AS Deklarasikan Cacar Monyet Jadi Wabah Darurat, Kasus Suspek di Jawa Tengah Diselidiki

Muhammad Sukardi
Jumat 05 Agustus 2022 14:10 WIB
AS Deklarasikan Cacar Monyet Jadi Wabah Darurat, Kasus Suspek di Jawa Tengah Diselidiki
AS deklarasikan cacar monyet jadi wabah darurat. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah Amerika Serikat mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat. 

Keputusan ini diambil mengingat jumlah kasus yang semakin bertambah dan sebagai respons cepat menurunkan penularan kasus di masyarakat.

Kasus cacar monyet di Amerika Serikat sendiri diketahui telah mencapai 6.600 kasus. Namun, secara total, di seluruh dunia kasus cacar monyet mencapai 26 ribu dari 80 negara yang sudah melaporkan.

Setelah AS mendeklarasikan wabah cacar monyet jadi darurat kesehatan masyarakat, apakah Indonesia akan mengekor dalam beberapa hari ke depan?

Menjawab hal tersebut, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menjelaskan bahwa untuk saat ini Indonesia belum seharusnya mengeluarkan status darurat kesehatan masyarakat.

Alasan mendasarnya karena kasusnya belum ditemukan, sekalipun ada kasus suspek di Jawa Tengah yang kini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

"(Untuk Indonesia) Saat ini belum waktunya untuk mengeluarkan statement darurat kesehatan masyarakat secara nasional, karena Indonesia masih dalam tahap awal," kata Dicky Budiman saat dihubungi MNC Portal, Jumat (5/8/2022).

 

1
/
2