Astaga, 65 Persen Umat Islam di Indonesia Buta Baca Alquran

Dimas Choirul
Minggu 23 Januari 2022 00:22 WIB
Astaga, 65 Persen Umat Islam di Indonesia Buta Baca Alquran
Surat An-Nisa merupakan surat keempat dalam Alquran yang terdiri dari 176 ayat dan memiliki fokus pembahasan yang berkisar pada perempuan.ย (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Syafruddin menyebut 65 persen masyarakat muslim Indonesia tidak bisa membaca kitab suci Alquran. Hal itu ia sampaikan merujuk data riset pada 2019 yang dilakukan oleh sejumlah kelompok Islam.

"Itu (65 persen yang tidak bisa baca Alquran) dari 223 juta penduduk islam di Indonesia," kata dia saat dihubungi MNC Portal, Sabtu (22/1/2022).

Menurut Syafruddin, dalam riset 2019 tersebut ternyata banyak kelompok muslim di pedesaan yang memiliki persentase paling banyak buta huruf dibandingkan dengan muslim di perkotaan.

"Iya banyak kampung-kampung yang ga ada majelis taklim. Ya persentasenya 60-40 lah. 60 perkotaan dan 40 pedesaan," kata dia.

Atas dasar keprihatinan tersebut, pihaknya membentuk membentuk kelompok pemuda islam dan mendirikan Yayasan Indonesia Damai Mengaji. Yayasan tersebut bergerak dalam bidang percetakan Alquran dan pengajaran Alquran.

"Mencetak Alquran, kedua bergerak membangun spot-spot mengaji, bukan rumah tahfiz ya," katanya.

Ia juga memandang, dengan banyaknya lembaga-lembaga Alquran dalam beberapa tahun terakhir ini, terdapat pengurangan angka buta huruf Alquran di Indonesia.

"Saya rasa ada pergeseran angka lah, sekarang kan masif nih ada lembaga-lembaga pengajar hafidz (penghafal Alquran) segala macem," tuturnya.
ย 

Editor : Mohammad Saifulloh