Asupan Protein Hewani Penting untuk Mencegah Stunting 

Lukman Hakim
Rabu 03 Agustus 2022 14:18 WIB
Asupan Protein Hewani Penting untuk Mencegah Stunting 
Asupan protein hewani penting untuk mencegah stunting . (Foto: Instagram @dudutsp)

SURABAYA, celebrities.id - Prevalensi kasus stunting atau gagal tumbuh di Indonesia kian menunjukkan penurunan sejak beberapa tahun belakangan. Meskipun demikian, penurunan angka stunting tersebut masih jauh dari target nasional yakni sebesar 14 persen pada tahun 2024. 

Stunting menjadi masalah genting sebab memiliki dampak jangka panjang yang berkontribusi pada produktivitas ekonomi dan pertumbuhan negara. 

Padahal salah satu pencegahannya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Namun, sayangnya total konsumsi protein hewani di Indonesia masih tergolong rendah. 

"Hal ini juga sejalan dengan rencana pemerintah dalam menekan angka stunting di Indonesia," kata Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya, Rabu (3/8/2022). 

Berdasarkan data Food and Agriculture (FAO) pada tahun 2017, total konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia hanya sebesar 8 persen. Angka tersebut berbeda secara signifikan dibandingkan negara Asia lainnya, seperti Malaysia dan Thailand yang tingkat konsumsi protein hewaninya masing-masing mencapai 30 persen dan 24 persen. 

Ahli gizi kesehatan masyarakat dan guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof Sandra Fikawati, menuturkan, manusia membutuhkan protein yang terdiri atas asam-asam amino sebagai zat pembangun tubuh. 

"Tubuh manusia membutuhkan sebanyak 20 jenis asam amino dan 9 diantaranya adalah asam amino esensial yang harus didapatkan dari makanan. Protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap. dibandingkan protein nabati," katanya. 

 

1
/
2