Asyik! Kendaraan Listrik Bakal Bebas Pajak dan Bea Balik Nama, Berlaku Mulai 5 Januari 2025

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Jumat 20 Januari 2023 18:10 WIB
Asyik! Kendaraan Listrik Bakal Bebas Pajak dan Bea Balik Nama, Berlaku Mulai 5 Januari 2025
Kendaraan listrik bakal bebas pajak dan bea balik nama. (celebrities.id/Ilustrasi: PIXABAY)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah Indonesia telah membuat kebijakan mengenai insentif pajak kendaraan listrik. 

Mulai 5 Januari 2025, seluruh kendaraan listrik bebasis baterai akan bebas dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Hal ini merupakan kebijakan baru yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD).

Kabar ini disampaikan oleh DJPK Kementerian Keuangan dalam unggahan di akun Instagram resminya @ditjenpk. Dalam unggahannya, disampaikan keterangan kendaraan bermotor berbasis energi terbarukan dikecualikan dari pemungutan PKB dan BBNKB.

Regulasi ini dikeluarkan pemerintah Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060 melalui National Determined Contribution (NDC). Salah satunya adalah dengan cara mengurangi CO2 dan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil.

Selain itu, guna mendorong percepatan program konversi kendaraan bermotor dari bahan bakar fosil ke kendaraan bermotor berbahan bakar energi baru dan terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Dalam regulasi tersebut juga tertuang beberapa poin yang menjadi tujuan pemerintah Indonesia membebaskan PKB dan BBNKB kendaraan listrik. Diharapkan masyarakat juga akan lebih cepat beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

- Mendorong peningkatan efisiensi energi, ketahanan energi, dan konservasi sektor transportasi, dan terwujudnya energi bersih, kualitas udara bersih, dan ramah lingkungan.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2