Asyik! Kini di Tol Ada Penginapan, Cocok untuk Melepas Lelah Sejenak

Icon CameraBertold Ananda
Minggu 16 Januari 2022 11:09 WIB
Asyik! Kini di Tol Ada Penginapan, Cocok untuk Melepas Lelah Sejenak
Asyik, kini Jalan Tol terdapat penginapan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Bepergian jarak jauh dengan menggunakan jalur darat seperti kendaraan pribadi maupun bus tak lagi kesusahan jika mengalami kelelahan akibat berkendara jauh. Pasalnya, kini di jalan tol terdapat penginapan. Keren!

Beberapa waktu lalu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberi izin pengelola rest area dalam melengkapi fasilitas yaitu dengan memberikan ruang beristirahat pengendara di Tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di rest area toll. Lama kurang durasi yang diperbolehkan mencapai 12 jam.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi rasa kelelahan saat mengemudikan mobil. Dasar ijin pengelolaan fasilitas pembangunan disesuaikan dalam Permen PUPR pasal 39 ayat 1 mengenai Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol yang menyebutkan 

“TIP antarkota tipe A dapat dilengkapi dengan Fasilitas Inap untuk beristirahat sementara guna mengatasi kelelahan Pengguna Jalan Tol saat mengemudi," tulis  aturan tersebut, Minggu (16/1/2022).

Dalam peraturan tersebut kemudian disesuaikan bahwa ada beberapa ketentuan yang dijelaskan bahwa Fasilitas Inap sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi ketentuan jumlah kamar paling banyak 100 (seratus) unit serta dapat disewakan dengan durasi waktu paling lama 12 (dua belas) jam.

 

1
/
2