Asyik! Papua akan Miliki Creative Hub, Kementerian PUPR Gelontorkan Rp95 Miliar

Icon CameraIqbal Dwi Purnama
Senin 21 November 2022 09:04 WIB
Asyik! Papua akan Miliki Creative Hub, Kementerian PUPR Gelontorkan Rp95 Miliar
KemenPUPR membangun Papua Youth Creative Hub. (Foto: celebrities.id/KemenPUPR)

JAYAPURA, celebrities.id - Muda-mudi Papua bisa lebih bergembira. Pasalnya, mereka akan memiliki sebuah gedung pusat kreativitas yang segera dibangun Kementerian Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Demi mewujudkan Papua Youth Creative Hub (PYCH) tersebut, KemenPUPR pun menggelontorkan Rp95,05 miliar. Rencananya, lokasi PYCH akan berada 11 km dari kota Jayapura, Papua.

Adapun salah satu alasan dibangunya creative dikarenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat banyak warga Papua sebagai bibit unggul dengan talenta yang cukup baik di bidang sains, seni budaya, maupun bidang olah raga.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Corneles Sagrim mengatakan PYCH dibangun di atas lahan seluas 15.000 m2, PYCH memiliki luas bangunan utama sebesar 3.520 m2 dan bangunan penunjang 1.812 m2. 

Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan konsultan PT Yodya Karya (Persero) KSO PT. Mandiri Cakti Consultindo.

KemenPUPR membangun Papua Youth Creative Hub. (Foto: celebrities.id/KemenPUPR)
KemenPUPR membangun Papua Youth Creative Hub. (Foto: celebrities.id/KemenPUPR)

Pekerjaan dilakukan dengan skema Multi Years Contract (MYC), dan hingga saat ini progress fisik pembangunan PYCH telah mencapai 98 persen. Dibangun setinggi 2 lantai dengan total luas 5.392 m2 dan lahan hijau 3.000 m2, pembangunan PYCH meliputi gedung utama, dormitory, sport venue, hall untuk pameran atau presentasi, dan co-working space. 

"Bangunan Papua Youth Creative Hub di antaranya akan dilengkapi dengan ruang co-working space, ruang pameran, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, kuliner space dan kesehatan," kata Corneles Sagrim dalam pernyataan tertulisnya, Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut Corneles menyebutkan, nantinya juga dilengkapi bangunan dormitory atau ruang asrama serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor, dan lansekap.

Diharapkan, PYCH dapat menjadi motor penggerak dan berfungsi sebagai pusat pengembangan talenta-talenta muda di Papua. Selain itu, PYCH dapat berperan sebagai pusat kreativitas bagi generasi muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.

Editor : Lisvi Padlilah