Asyik! Pemeriksaan USG Bisa Pakai BPJS Kesehatan, Kemenkes: Periksanya Harus di Puskesmas

Muhammad Sukardi
Kamis 25 November 2021 10:51 WIB
Asyik! Pemeriksaan USG Bisa Pakai BPJS Kesehatan, Kemenkes: Periksanya Harus di Puskesmas
Pemeriksaan Ibu Hamil melalui USG bisa dilakukan dengan BPJS Kesehatan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Selama ini ibu hamil melakukan pemeriksaan USG harus merogoh kocek. Kali ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan melakukan gebrakan terbaru. Pemeriksaan USG ditanggung BPJS Kesehatan.

Pemeriksaan kehamilan dengan alat USG akan menjadi layanan primer di Puskesmas. Upaya ini akan membantu masyarakat yang selama ini sulit menjangkau pelayanan USG dan tentunya berdampak pada kualitas ibu dan bayi yang akan dilahirkan.

Kasus kematian ibu hamil yang masih tinggi menjadi landasan utama pelayanan USG di Puskesmas ini akan dimasifkan. Pelayanan USG diharapkan akan membaca status kesehatan dan mendeteksi lebih awal jika ada kemungkinan masalah selama proses kehamilan dan dengan begitu menurunkan risiko kematian ibu hamil.

Layanan USG di Puskesmas ini, ditegaskan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dipastikan akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. "Layanan USG ini akan di-cover pembiayaannya oleh BPJS, karena pemeriksaan USG ini menjadi salah satu bagian dari pemeriksaan layanan primer di Puskesmas, sehingga masyarakat lebih mudah mengakses layanan USG ini," kata Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, Kamis (25/11/2021).

 

1
/
2