Asyik! Ribuan UMKM Kota Bandung Dapat Dana Kompensasi BBM, Nilainya Rp450 Ribu untuk 3 Bulan

Arif Budianto
Minggu 18 September 2022 19:35 WIB
Asyik! Ribuan UMKM Kota Bandung Dapat Dana Kompensasi BBM, Nilainya Rp450 Ribu untuk 3 Bulan
Ribuan UMKM Kota Bandung dapat dana kompensasi BBM. (Foto: celebrities.id./Ilustrasi/Pixabay)

BANDUNG, celebrities.id РSekira 2.854 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bandung akan mendapatkan dana kompensasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp450 ribu untuk tiga bulan. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan, dana untuk BLT UMKM ini bersumber dari Dana Transfer Umum (DTU) untuk perlindungan sosial dampak kenaikan BBM sebesar Rp9,2 miliar. Dimana penerima BLT adalah bagi mereka yang sudah terdaftar dalam DTKS.

"Kami memprioritaskan untuk pelaku UMKM nonformal seperti pedagang kaki lima. Data basenya yang ada dari kewilayahan. Saat ini sedang divalidasi agar tepat sasaran," kata dia. 

Bantuan untuk UMKM ini digulirkan selama tiga bulan dari bulan Oktober, November dan Desember 2022. Masing-masing senilai Rp150 ribu, yang menyalurkan langsung dari perbankan

Tak hanya itu, Dinas KUKM juga memberikan pendampingan berupa fasilitasi dan pemberdayaan, salah satunya mendorong pemanfaatan IT ataupun platform digital.

"Bagaimana agar pasarnya bisa tersedia baik secara online dan offline, sehingga konsumennya tidak hanya di Indonesia melainkan juga bisa go internasional," katanya.

Editor : Imantoko Kurniadi