Aturan Terbaru Masuk Malaysia, Wajib Unduh Aplikasi MySejahtera

Kevi Laras
Sabtu 30 Juli 2022 19:29 WIB
Aturan Terbaru Masuk Malaysia, Wajib Unduh Aplikasi MySejahtera
Aturan Terbaru Masuk Malaysia, Wajib Unduh Aplikasi MySejahtera. (Foto:celebrities.id/Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Malaysia telah mengeluarkan aturan terbaru bagi para wisatawan yang hendak memasuki Malaysia mulai Senin 1 Agustus 2022. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin.

Melansir CNA kebijakan baru itu diambil, setelah mempertimbangkan sistem kesehatan Malaysia saat ini. Berada pada level yang baik dan terkendali.

Penggunaan aplikasi MySejahtera diperkenalkan sebagai tanggapan terhadap pandemi Covid-19. Ini dirancang untuk memfasilitasi upaya pelacakan kontak dan juga berfungsi sebagai paspor vaksin.

Sehingga para wisatawan yang memasuki Malaysia perlu mengunduh, mengaktifkan, dan mendaftarkan aplikasi MySehjatera di ponsel mereka. Dimana mereka diharuskan melengkapi kartu perjalanan, sebelum memulai perjalanan. Dengan menyatakan informasi seperti nomor paspor, kewarganegaraan, tujuan perjalanan, tempat keberangkatan, tanggal keberangkatan dan waktu kedatangan.  

Kemudian, juga diminta untuk memverifikasi jenis vaksin Covid-19 dan jumlah dosis vaksinasi yang telah mereka ambil pada formulir pra-keberangkatan. Dalam antisipasi penyebaran selain Covid-19, seperti monkeypox. Wisatawan yang akan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Semua pemudik yang baru tiba dari luar negeri harus memantau kesehatannya sendiri, mematuhi prosedur operasi standar dan disarankan untuk pergi ke fasilitas kesehatan jika tidak sehat.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra