Awas! Ini Masalah Kesehatan yang Mengintai Paska Lebaran, dari Kolesterol hingga Hipertensi

Kevi Laras
Selasa 10 Mei 2022 19:32 WIB
Awas! Ini Masalah Kesehatan yang Mengintai Paska Lebaran, dari Kolesterol hingga Hipertensi
Ilustrasi obesitas. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Momen Lebaran pada umumnya dirayakan dengan menyantap beragam menu makanan dan minuman khas yang disantap bersama keluarga. Namun, di balik keindahan dan kehangatan momen tersebut, mengintai masalah kesehatan.

Melansir dari Kementerian Kesehatan bawah ada dua penyakit yang mengintai saat momen hari raya, berpeluang jadi ancaman pascalebaran, yaitu kolesterol, hipertensi, diabetes, obesitas dan diare. Berikut penjelasannya yang telah dirangkum celebrities.id dari berbagai sumber pada hari ini (10/5/2022).

5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Paska Lebaran

1. Kolesterol

Diketahui bahwa kolesterol dipicu akibat lemak jahat (LDL). Konsumsi lemak jenuh ditemukan dalam potongan daging berlemak dan produk susu. Namun, kurangnya aktivitas fisik,  seperti menghabiskan banyak waktu di depan TV atau komputer juga mampu meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Nah, momen Lebaran menjadi salah satu saat di mana hidangan bersantan dan daging-dagingan dengan kolesterol tinggi meningkatkan risiko kenaikan kolesterol lho, Celeb Hitz.

2. Hipertensi

Penyakit hipertensi, bukan hanya menyasar usia lanjut. Kini, mereka yang masih muda pun bisa terkena hipertensi akibat pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya karena makan sembarangan dan jarang berolahraga.

Selain itu, hipertensi bukan lah penyakit keturunan, sebab sangat sulit membuktikannya. Keturunan atau tidak membutuhkan pengecekan lebih mendalam ada nilainya (marker) dan sulit dilakukan.

"Keturunan maka pemeriksaannya itu amat sangat sulit tidak bisa bilang kalau ayah saya hipertensi saya hipertensi. Bahwa keturunan tidak bisa, ada markernya untuk mengatakan bahwa itu keturunan hipertensi," ujar dr. Erwinanto, Sp, JP(K), FIHA dilansir Okezone, Selasa (10/5/2022).

 

3. Diabetes

Salah satu penyakit yang juga bisa mengintai pasca lebaran adalah diebetes. Melansir dari Inews.id bahwa saat lebaran kebanyakan orang mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung dan gula. Hampir setiap rumah menyediakan beragam kue kering.

Kelebihan tepung dalam tubuh bisa meningkatkan kadar gula dan kolesterol. Sebab tepung yang dihidangkan kebanyakan digoreng, belum lagi menu populer Opor Ayam atau Rendang, serta makanan lain yang bersantan dan berminyak.

"Berbahaya jika kadarnya naik-turun tidak stabil, sehingga saat Lebaran serta setelahnya tetap memperhatikan asupan makanan. Hindari makanan digoreng, bersantan, tepung-tepungan, ataupun yang mengandung tinggi lemak," kata Ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra, dikutip Selasa (10/5/2022)

4. Obesitas

Penyakit yang disebabkan karena penumpukan lemak dalam tubuh yang berlebihan. Penyebab dari obesitas, menurut Mayoclinic anda mengonsumsi lebih banyak kalori, daripada yang  dibakar melalui aktivitas normal dan olahraga sehari-hari. 

Salah satu contoh, di Amerika Serikat, diet kebanyakan orang terlalu tinggi kalori, seringkali dari makanan cepat saji dan minuman berkalori tinggi. Orang dengan obesitas, akibat makan lebih banyak kalori sebelum merasa kenyang, cepat merasa lapar, atau makan banyak karena stres atau kecemasan.

5. Diare 

Penyakit yang mungkin jarang terpikir oleh masyarakat ialah Diare pasca lebaran. Perlu diketahui diare karena virus Rotavirus atau infeksi bakteri tertentu, hingga makanan yang terkontaminasi. 

Jika mengalami diare, disarankan minum lebih banyak cairan. Untuk membantu menghindari dehidrasi, minumlah air putih, jus dan kaldu. Serta hindari makanan yang dapat memperparah diare. Hindari makanan berlemak, berserat tinggi, atau berbumbu tinggi.

Editor : Lisvi Padlilah