Awas! Mac App Store Banyak Aplikasi asal China Penuh Malware, Jangan Sembarangan Unduh

Tangguh Yudha
Minggu 14 Agustus 2022 22:54 WIB
Awas! Mac App Store Banyak Aplikasi asal China Penuh Malware, Jangan Sembarangan Unduh
Mac Apple marak malware. (Foto: engadget)

JAKARTA, celebrities.id - Apple kerap mengklaim bahwa App Store-nya sangat aman. Tetapi nyatanya seorang ahli menemukan beberapa aplikasi di App Store mengandung malware yang dapat mengambil alih perangkat korban.

Ya, Apple tampaknya gegabah karena sebenarnya toko aplikasinya belum kebal terhadap malware. Dan parahnya lagi banyak dari aplikasi berbahaya yang mengandung malware ini berasal dari China.

Seperti dilansir dari TechSpot, Minggu (14/8/2022), Researcher Privacy 1st (Alex Kleber) menganalisis tujuh akun pengembang Apple yang berbeda, semuanya dikelola oleh pengembang asal China yang sama.

Mereka mencatat bahwa aplikasi telah menyalahgunakan Mac App Store dalam beberapa cara, yang paling umum adalah aplikasi tersebut mengandung malware tersembunyi yang dapat menerima perintah dari server (perintah-dan-kontrol).

Ini memungkinkan aplikasi untuk melewati pemeriksaan keamanan awal App Store sebelum malware diaktifkan.

Di beberapa aplikasi, tim peninjau Apple melihat antarmuka pengguna yang sama sekali berbeda dari apa yang muncul di versi final, karena pengembang dapat mengubah UI dari jarak jauh.

Aplikasi berkomunikasi dengan layanan populer seperti Cloudflare dan GoDaddy untuk menyembunyikan penyedia hosting mereka. Ditemukan juga bahwa kebijakan privasi mereka menggunakan situs web Google gratis.

 

1
/
2