Azithromycin Tak Boleh Diminum Pasien Covid-19? Ini Penjelasannya

Muhammad Sukardi
Rabu 21 Juli 2021 09:52 WIB
Azithromycin tak boleh diminum pasien covid-19. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Pasien Covid-19 disarankan untuk tidak lagi menerima obat Azithromycin dalam proses penyembuhannya. Obat antibiotik tersebut telah direvisi Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI Profesor Zubairi Djoerban menegaskan Azithromycin memang sudah tidak boleh diberikan ke pasien Covid-19, kecuali pasien ada infeksi bakteri sekunder. 

Obat ini masuk ke dalam jenis antibiotik dan karena itu fungsinya untuk mengatasi bakteri bukan virus seperti SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

"Pertama-tama saya jelaskan dulu tentang Azithromycin. Obat ini adalah obat antibiotik yang mengatasi bakteri. Itu sudah jelas. Kalau Covid-19 kan penyebabnya virus, sehingga tidak seharusnya pasien Covid-19 diberikan Azithromycin kecuali ada infeksi bakteri sekunder. Tetapi, pemakaiannya tetap ditentukan oleh dokter," kata Prof Beri di Instagram pribadinya, belum lama ini.

Dijelaskan sebelumnya bahwa WHO telah merevisi obat Azithromycin dari daftar obat terapi Covid-19 dan ini pun dibenarkan Prof Beri. "Revisi itu dilakukan karena beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dampak Azithromycin terhadap pasien Covid-19 itu tidak efektif," katanya.

 

1
/
2