Badan Kurang Sehat usai Divaksinasi? Dokter Anjurkan Hal Ini 

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Rabu 02 Juni 2021 16:57 WIB
Vaksinasi Covid-19 secara mandiri akan dimulai 17 Mei 2021. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Program vaksinasi nasional Covid-19 terus dilakukan pemerintah dalam upaya menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Meski demikian, program vaksinasi ini tidak sepenuhnya lancar dan masyarakat mengeluhkan mengalami Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI).

Menyikapi hal tersebut, Dokter Relawan Covid-19, Muhamad Fajri Adda’i menjelaskan bahwa setiap vaksin pasti memiliki efek samping pada kesehatan. Meski demikian, sebagian besar efek samping yang ditimbulkan akibat vaksin tidak berbahaya. Sayangnya, masyarakat masih panik dan bingung apabila mengalami efek samping kesehatan pascavaksinasi. 

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Rabu (2/6/2021), KIPI adalah gejala medis yang terjadi setelah vaksinasi yang diduga terkait dengan imunitas atau vaksinasi. Umumnya reaksi yang timbul adalah gejala yang bersifat sementara dan ringan, serta akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan seperti:

 

1
/
2