Bagaimana Adab Memuji dan Dipuji dalam Islam? Simak Penjelasan KH Agus Dermawan

Laras Dwi Sasmita
Jumat 21 Januari 2022 22:56 WIB
Bagaimana Adab Memuji dan Dipuji dalam Islam? Simak Penjelasan KH Agus Dermawan
KH Agus Dermawan menjelaskan adab memuji dan dipuji. (Foto: celebrities.id/Abdeel Gharie Al Ghifary)

JAKARTA, celebrities.id - Setiap manusia tentu saja akan senang ketika menerima pujian. Namun tanpa disadari pujian dapat menjadi boomerang tersendiri yang akan memuncul penyakit hati ujub atau sombong

KH Agus Dermawan mengatakan dalam Islam ketika seseorang menerima pujian sebaiknya memberikan respons dengan menyebut kalimat-kalimat Allah SWT. Pasalnya pujian itu adalah ujian buat manusia yang menerimanya. 

"Semua kita kembalikan kepada Allah, kalau ada orang yang memuji kita Subhanallah, Astagfirullah, Barakallah Fii Umrik. Sebab yang punya pujian-pujian itu hanya Allah SWT," tutur KH Agus Dermawan dikutip dari Kanal YouTube iNews Religi, pada Sabtu (22/1/2022). 

Menurut KH Agus Dermawan pujian dapat menjadi bahaya atau boomerang bagi manusia jika ditanggapinya dengan berbangga hati tanpa ada rasa syukur kepada Allah SWT. Sebab hal itu dapat menimbulkan banyaknya penyakit hati seperti kesombongan yang dibenci oleh Allah SWT. 

"Usai dia berbangga diri maka akan timbul kesombongan dan datanglah penyakit 'Ain'. Mata yang jahat karena orang yang memuji kita belum tentu dengan hati yang tulus tapi banyak juga dengan hasut mungkin memuji bercampur dengan kesombongan dari lawan kita," tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah