Bagaimana Hak Istri terhadap Penghasilan Suami Menurut Islam? Simak Penjelasan Berikut

Ayuningtyas Notomihardjo
Selasa 18 Januari 2022 01:13 WIB
Bagaimana Hak Istri terhadap Penghasilan Suami Menurut Islam? Simak Penjelasan Berikut
Ustadz Zacky Mirza menjelaskan menjelaskan mengenai hak istri dalam pendapatan suami. (Foto: MNCTV)

JAKARTA, celebrities.id - Pendapatan seorang suami memang kadang tidak menentu dengan adanya banyak kendala. Namun, Anda harus mengetahui bagaimana sisi penjelasan soal tugas suami ataupun istri dalam rumah tangga.

Sudah menjadi keharusan, suami mencari nafkah untuk menghidupi anak dan istri. Istri juga di rumah harus baik mengelola keuangan, mengasuh anak, bahkan melayani suami nantinya.

Jelas hal itu menjadi peraturan utama dalam rumah tangga sesuai syariat Islam. Kali ini, Ustadz Zacky Mirza yang menjelaskan bagaimana hak istri dalam pendapatan suami berdasarkan Surah An Nisa ayat 30. 

وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ عُدْوَانًا وَّظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيْهِ نَارًا ۗوَكَانَ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرًا

Artinya: Dan barangsiapa berbuat demikian dengan cara melanggar hukum dan zalim, akan Kami masukkan dia ke dalam neraka. Yang demikian itu mudah bagi Allah. (Quran Surah An-Nisa ayat 30).

Dengan kodrat suami pandangan mata panjang dan luas untuk berburu, wanita hanya melayani suami dan mengajari anak. “Tugas suami ya cari nafkah gimanapun caranya, dia bertanggung jawab untuk menafkahi istri dan anak,” ujar Ustadz Zacky Mirza, mengutip dari Youtube Channel MNC TV Official, Selasa (18/1/2022).

Bahkan, Ustadz Zacky Mirza menyebutkan suatu kisah dari zaman Nabi Muhammad SAW. Seorang lelaki pencari nafkah yang tangannya dicium atas bawah oleh Nabi Muhammad SAW.

“Ada suatu kisah sahabat Nabi Muhammad SAW yang ditanya kenapa tangan hitam legam. Ternyata dia itu pekerja pemecah batu di bawah sinar matahari terik untuk mencari nafkah bagi istri dan anaknya,” kata Ustadz Zacky Mirza.

 

1
/
2