Bahaya Konsumsi Makanan Berminyak, Waspadai Kolesterol hingga Kanker 

Icon CameraKevi Laras
Jumat 20 Januari 2023 07:00 WIB
Bahaya Konsumsi Makanan Berminyak, Waspadai Kolesterol hingga Kanker 
Bahaya konsumsi makanan berminyak. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Minyak goreng merupakan satu bahan masak untuk menggoreng berbagai kebutuhan seperti ikan, daging, dan sebagainya. Namun, dalam penggunaannya sering kali banyak yang masih menggunakan minyak berkali-kali sampai menghitam atau berwarna pekat. 

Katanya, masyarakat di Indonesia memang gemar menggunakan dan menyukai masakan dengan minyak goreng yang berkualitas rendah, seperti minyak jelantah (minyak yang warnanya sudah keruh atau hitam). 

"Yang disayangkan ternyata masih banyak masyarakat mengikuti makanan-makanan viral tanpa menimbang baik dan buruknya terhadap kesehatan. Bahkan minyak jelantah yang harusnya dibuang malah dijual, laku pula," kata dokter Spesialis Gizi di  Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan saat dihubungi MNC Portal, Jumat (20/1/2023). 

Menurutnya, paling umum dari menyukai makanan berminyak yaitu dapat meningkatkan kadar kolesterol atau biasa disebut dislipidemia. Artinya kadar kolesterol dalam tubuh yang sudah sangat tinggi, bisa membahayakan kesehatan, bahkan bisa juga memicu risiko kanker

"Tidak hanya kolesterol yang dikhawatirkan, namun minyak jelantah juga dapat meningkatkan risiko kanker," katanya. 

Sebelumnya, baru-baru ini media sosial diramaikan dengan unggahan video TikTok akun @tiktok_kulineran yang diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdrkuliner. Memperlihatkan satu kuliner yang dinamakan nasi minyak karena semua bahan berminyak.  

Hal ini pun mendapat beragam komentar dari netizen. Tapi juga mendapatkan sorotan dari beberapa ahli atau dokter, akan dampak dari konsumsi makanan berminyak secara berlebihan bagi kesehatan.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News