Bahaya Penderita Asma Terpapar Covid-19, Potensi Kematian Terbuka Lebar

Novie Fauziah
Minggu 09 Mei 2021 12:40 WIB
Bahaya penderita asma terpapar Covid-19. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Asma dan Covid-19 merupakan kombinasi penyakit yang berbahaya bagi manusia karena keduanya melibatkan saluran pernafasan. Jika terpapar Covid-19, penderita asma akan merasa lebih sesak, juga kesakitan.

Kasus ini pernah dialami Rina Gunawan dan Raditya Oloan. Selebriti ini menjadi korban Covid-19 dan sekaligus memiliki penyakit bawaan (komorbid) asma.

Seperti dikutip dari laman Statnews, sebuah studi tentang Covid-19 menunjukkan bahwa hubungan virus Corona dengan penyakit asma jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Kemudian para ilmuwan mengidentifikasi kondisi umum di antara pasien Covid-19 yang paling sakit, khususnya terfokus pada kondisi paru-paru, termasuk penderita asma.

Hal ini dapat memungkinkan seseorang yang terpapar Covid-19 bisa mengalami peradangan paru-paru yang parah dan virus lain dapat memicu serangan asma yang berbahaya.

Gayatri Patel, dokter dan ahli alergi serta imunologi di Northwestern University menjelaskan bahwa penderita asma yang terinfeksi Covid-19 lebih berisiko. Pasien semacam ini harus segera mendapat perawatan intensif dan steril. "Pasien Covid-19 dengan asma kemungkinan akan lebih buruk," katanya.

Sementara Sharon Chinthrajah, ahli alergi sekaligus peneliti di Pusat Penelitian Alergi dan Asma Sean N Parker Stanford, menyimpulkan tidak semua penderita asma yang terpapar Covid-19 bakal mengalami hal sama. "Tidak semua penderita asma sama," ujarnya.

Editor : Endang Oktaviyanti