Baik Mana, Berdoa dengan Suara Keras atau Pelan? Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Laras Dwi Sasmita
Jumat 10 Desember 2021 05:35 WIB
Baik Mana, Berdoa dengan Suara Keras atau Pelan? Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat menjelaskan adab memanjatkan doa. (Foto: celebrities.id/YouTube)

JAKARTA, celebrities.id - Doa menjadi satu dari beragam cara yang bisa digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta. Tak heran jika ada manusia yang mengucapkan doa dengan lantang.

Namun, dalam Islam, tata cara doa sudah diatur dan ada adab yang harus dipenuhi. Membaca atau mengucapkan doa setelah salat fardhu dipercaya mujarab.

Ustadz Adi Hidayat menuturkan, mengeraskan suara saat berdoa itu ditujukan untuk memberikan pengajaran kepada seseorang yang belum paham dan mengerti bagimana cara berdoa.

"Namun, karena berdoa dengan suara yang keras ternyata dapat menggangu orang beribadah khusyuk, maka turunlah ayat Alquran Surah ke-7 Ayat 205,” kata Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari tausiah di YouTube Islam Itu Indah, Jumat (10/12/2021).

“Maka menyimpulkan kalimat ini kata Imam Syafi'i di awal-awal masa Nabi mengajarkan doa. Di awal salat, doa yang dikeraskan itu dengan tujuan untuk memberikan tadzim pengajaran contoh pada orang-orang yang belum tahu bagaimana caranya berdoa. Belum paham kalimat yang dibacakan," katanya.

 

1
/
2