Baju Lebaran Tak Harus Gamis dan Tunik, Batik Tulis Bisa Jadi Pilihan

Icon CameraWiwie Heriyani
Kamis 09 Maret 2023 18:14 WIB
Baju Lebaran Tak Harus Gamis dan Tunik, Batik Tulis Bisa Jadi Pilihan
Batuk Tulis bisa jadi busana alternatif untuk Lebaran. (Foto: celebrities.id/Wiwie Heriyani)

JAKARTA, celebrities.id - Ramadan dan Idul Fitri memang masih lama, namun sejumlah desainer sudah gencar merancang karya busana yang bisa digunakan saat Lebaran. 

Seperti diketahui, Lebaran selalu identik dengan busana gamis warna plos atau tunik dengan motif-motif mainstream. Nyatanya, batik juga bisa menjelma menjadi busana lebaran yang membuat tampilan menjadi lebih elegan. 

Seperti pada deretan koleksi Iwan Tirta Private Collection (ITPC) di dalam koleksi Raya Collection 2023. Dalam koleksi kali ini, sang desainer, Iwan Tirta mengeluarkan serangkaian koleksi busana lebaran dengan berbagai motif batik sesuai dengan ciri khasnya. 

Raya Collection 2023 ini mengambil tema Pranargya sebagai ide utama, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan secara harfiah membawakan arti cinta tanpa batas. 

Diambil sebagai judul dalam koleksi ini, Pranargya diharapkan dapat menjadi simbol rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas segala karunia-Nya. Koleksi Pranargya ini terinspirasi dari pola geometris khas Mediterania yang disinambungkan dengan stilasi floral khas Iwan Tirta. 

Kepulauan dan lautan Mediterania sendiri dikenal sebagai kawasan perairan yang terletak di antara bagian dari 3 benua, yaitu Eropa, Afrika, dan Asia. Nama Mediterania yang berasal dari istilah Latin, mediterraneus, diartikan sebagai tengah bumi. 

Beberapa orang yang hidup dan tinggal di Yunani, Mesir dan Roma Kuno, memang meyakini bahwa laut Mediterania yang berada di tengah-tengah sebagai pusaran dunia secara keseluruhan. Termasuk Turki dan Persia yang juga merupakan bagian dari kawasan Mediterania. 

“Secara garis besar, Mediterania ini menjadi inspirasi utamanya. Ada pola geometris, dan juga ada palet warna khas mediterania beberapa diantaranya ada warna pastel, ada nuansa biru, ada hitam, dan abu-abu,” ujar Head of Marketing of Iwan Tirta Private Collection, Rindu Melati Pradnyasmita, saat ditemui di butik Iwan Tirta Private Collection, Galeria Grand Hyatt Jakarta, Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis, (9/3/2023).

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.