Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Bekasi Bakal Berstandar Internasional, Penuhi Strata Kualifikasi Euro 6

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Minggu 13 November 2022 14:02 WIB
Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Bekasi Bakal Berstandar Internasional, Penuhi Strata Kualifikasi Euro 6
Strata kualifikasi Euro 6. (Foto: celebrities.id/Motortransport)

Jakarta, celebrities.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Badan Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat. Rencananya akan ditingkatkan menjadi balap pengujian berstandar internasional.

Hal ini ditujukan agar Indonesia tak lagi bergantung pada negara lain dalam menguji kendaraan yang dibangun di dalam negeri. Mengingat akan ada sekitar 16 fasilitas pengujian sesuai dengan standar internasional United Nation Regulation (UNR).

“Saya ingin memastikan kesiapan dimulainya proyek pembangunan proving ground atau Vehicle Testing Certification Center (VTCC). Kita mulai pembangunan usai KTT G20 dan semoga bapak Presiden berkenan untuk melakukan groundbreaking,” kata Menhub dalam keterangannya seperti dikutip dalam laman Dephub, Minggu (13/11/2022).

Menhub mengungkapkan saat ini kemampuan balai pengujian di Bekasi hanya mampu untuk melakukan pengujian kendaraan yang akan dipasarkan di dalam negeri. Ini disebabkan balai pengujian baru mampu memenuhi strata kualifikasi Euro 4.

“Jika ini selesai dibangun, maka kita akan melompat ke Euro 6, sehingga kendaraan yang diuji di sini tidak perlu lagi melakukan pengujian di luar negeri,” ujar Menhub Budi Karya.

Dengan pengujian yang berstrata kualifikasi Euro 5 dan 6, Menhub Budi Karya menjelaskan emisi gas buang kendaraan akan semakin rendah, konsumsi bahan bakar semakin efisien, dan tingkat kebisingan semakin rendah.

 

1
/
2