Ban Tanpa Udara Dipamerkan, Intip Kecanggihannya

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Sabtu 01 Oktober 2022 21:09 WIB
Ban Tanpa Udara Dipamerkan, Intip Kecanggihannya
Ban tanpa udara dipamerkan di ajang Pertahanan dan Keamanan Korea (DX- KOREA) 2022. (Foto: celebrities.id/Doc. Hankook Tire)

JAKARTA, celebrities.id - Hankook Tire memamerkan ban non-pneumatik (NPT) atau tanpa udara di stan pameran Hyundai Rotem dalam Pameran Pertahanan dan Keamanan Korea (DX- KOREA) 2022.

Pada pameran tersebut, Hyundai Rotem, perusahaan industri berat yang berspesialisasi dalam pembuatan rolling stock, peralatan militer, dan rekayasa pabrik, akan meluncurkan kendaraan multiguna tanpa awak (UGV) yang dirancang untuk operasi militer infanteri.

UGV Hyundai Rotems didasarkan pada HR-Sherpa, kendaraan tak berawak yang berhasil menunjukkan kemampuan pengintaian dan operasi keamanan pada peringatan KTT ASEAN-KOREA 2019.

Untuk memperkuat fungsinya saat terjadi situasi darurat, ban NPT Hankook Tire, i-Flex, yang dilengkapi dengan sensor penggerak otomatis telah dikembangkan dan diaplikasikan pada UGV.

i-Flex adalah ban konsep non-pneumatik futuristik yang sedang dikembangkan untuk kendaraan tanpa awak yang melaju di medan off-road.

Sebagai generasi pertama yang disempurnakan, i-Flex memiliki ukuran 17 inci dengan diameter 730 mm, dan lebar 200 mm.

Tidak seperti ban konvensional, i-Flex tidak mengandung udara di dalamnya, yang berarti bahwa keselamatan dapat lebih terjamin apabila terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kebocoran.

 

1
/
2