Bangga! Teknologi Lengan Palsu Buatan Anak Bangsa Juara Kompetisi Internasional di Swiss

Muhammad Sukardi
Kamis 23 Juni 2022 14:53 WIB
Bangga! Teknologi Lengan Palsu Buatan Anak Bangsa Juara Kompetisi Internasional di Swiss
Teknologi Lengan Palsu Buatan Anak Bangsa Juara Kompetisi Internasional di Swiss. (Foto: Karla Bionics)


SWISS, celebrities.id - Kabar membanggakan datang dari dunia teknologi Indonesia. Mewakili Indonesia, Karla Bionics menjadi peserta pertama dari Indonesia yang mengikuti CYBATHLON Challenges 2022 yang berpusat di Zurich, Swiss dan berhasil menjadi juara ketiga di kompetisi bagi para ilmuwan, peneliti, dan penyandang difabel tersebut.

Karla Bionics dengan teknologi lengan prostesis-nya mengikuti kompetisi pada disiplin Arm Prosthesis Race (ARM) untuk menguji lengan prosthesis K22BP yang merupakan lengan prosthesis hasil pengembangan ilmuwan startup binaan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Lengan palsu tersebut diuji dengan mempertimbangkan keterjangkauan (affordable) sehingga dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat yang memiliki kendala difabel. 

Ajang CYBATHLON Challenges sendiri memiliki empat disiplin kompetisi, yaitu Arm Prosthesis Race (ARM), Exoskeleton Race (EXO), Leg Prosthesis Race (LEG), dan Wheelchair Race (WHL). 

Lebih lanjut, pengguna lengan prostesis atau pilot dalam kompetisi ini adalah Yayat Supriatna. Ia merupakan seorang drummer rock penyandang difabel yang telah bekerja sama dengan Karla Bionics untuk mengembangkan lengan protesis ini. 

Pada kompetisi itu, bukan hanya performa teknologi yang diuji, melainkan juga ketangkasan pilot dalam mengendalikan teknologi tersebut.

Meski teknologi lengan prostesis ciptaan Karla Bionics terbilang sederhana dibandingkan para pesaingnya, namun berkat harmonisasi ketangkasan Yayat sang pilot dan teknologi yang ramah guna, performa perdana Karla Bionics di CYBATHLON Challenge berhasil memukau berbagai pihak di kompetisi tersebut. 

"Dengan pendekatan yang sesuai dengan sosial dan ekonomi Indonesia, secara fungsi lengan prosthesis ini setara dengan teknologi yang berkembang di negara Barat," kata Wildan Trusaji, Inventor dan Team Manager Karla Bionics, Kamis (23/6/2022). 
 
Proses persiapan Yayat dan tim Karla Bionics sendiri terbilang singkat untuk kompetisi ini, namun Yayat diketahui begitu cekatan dalam menemukan berbagai strategi yang tepat untuk memindahkan setiap benda secara cepat, efisien, dan tanpa kesalahan. 

 

1
/
3