Membayar Utang Puasa Ramadhan yang Lupa Jumlah Harinya, Begini Caranya

Syafiq Mukhlish Sembada
Kamis 12 Mei 2022 20:41 WIB
Membayar Utang Puasa Ramadhan yang Lupa Jumlah Harinya, Begini Caranya
Cara membayar utang puasa (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Bagi seorang muslim puasa Ramadhan menjadi hal yang wajib dilaksanakan. Terkadang ada suatu hal yang dialami seorang muslim sehingga mengharuskannya tidak berpuasa. 

Muslim yang mempunyai utang puasa wajib membayarnya, bagaimana dengan muslim yang lupa dengan jumlah utang puasanya? Berikut inilah cara membayar urang puasa yang lupa.

Kewajiban membayar utang puasa Ramadhan, berdasar pada firman Allah SWT dalam Alquran, surah Al Baqarah ayat 184 yang berbunyi : 

"Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya."

Dengan alasan apapun yang menjadi batalnya puasa. Selagi puasa wajib belum ditunaikan maka wajib hukumnya diganti. Bagi seorang muslim yang lupa jumlah utang puasa Ramadhan, sebagian ulama menyarankan puasanya bisa mengganti dengan puasa sunah dengan niat qadha utang puasa Ramadhan.

Cara membayar utang puasa yang lupa jumlah harinya

Seorang muslim yang lupa atas utang puasanya. Misalnya lupa antara lima atau delapan hari utang puasanya, dianjurkan lakukan puasa qadha sebanyak delapan hari atau memperbanyak puasa sunah dengan niat puasa qadha.

Melansir dari NU Online, Kamis (12/5/2022), Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami menjelaskan hal ini melalui kitab Al-Fatawa Al-Fiqhiyatul Kubra sebagai berikut: 

 

1
/
2