Beautypedia: Ini Bahan-Bahan Wajib untuk Masker Rambut, Jangan Sembarangan Buat Ya!

Endang Oktaviyanti
Minggu 14 November 2021 09:59 WIB
Beautypedia: Ini Bahan-Bahan Wajib untuk Masker Rambut, Jangan Sembarangan Buat Ya!
Kenali bahan wajib untuk masker rambut. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Perawatan rambut secara alami memang tak kalah bagus dari perawatan di salon kecantikan. Justru, bahan alami dianggap baik karena berasal dari alam.

Adapun bahan-bahan yang wajib ada di dalam DIY masker rambut bertujuan untuk membuat masker rambut berfungsi dengan sempurna.

Meski begitu, melansir Boldsky, Minggu (14/11/2021), ada formula wajib yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat setiap DIY masker rambut.

Penata rambut selebriti Ashanti Lation menyarankan untuk menyiapkan bahan dasar yang berfungsi untuk mengikat setiap bahan yang akan digunakan. Bahan dasar atau base masker rambut yang bisa digunakan seperti yogurt, alpukat, buah pisang, mayones, dan lain sebagainya.

Setelah bahan dasar sudah disiapkan, maka Anda juga wajib menambahkan humektan atau bahan alami yang berfungsi sebagai pelembap, misalnya madu. Setelah itu, Anda bisa menambahkan bahan lain yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan rambut.

Biasanya, bahan tambahan dengan fungsi khusus ini berbentuk seperti essential oil atau minyak esensial alami. Tergantung kebutuhan, beberapa minyak esensial yang bisa digunakan adalah grapeseed oil, olive oil, almond oil, dan lain sebagainya.

Untuk bahan yang sebaiknya dihindari, Ashanti Lation menyarankan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan yang sulit dibilas seperti cocoa butter atau beeswax.

Dermatologis Stefani Kappel pun menambahkan daftar bahan-bahan alami yang sebaiknya dihindar seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, dan buah-buahan asam lainnya karena dapat menyebabkan rambut rapuh dan juga rusak.

Dalam kasus yang lebih parah, asam nitrat juga ditakutkan dalam menyebabkan iritasi.

Editor : Endang Oktaviyanti