Beautypedia: Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pakai Produk Skincare Baru, Kenali Jenis Kulit 

Wilda Fajriah
Minggu 31 Oktober 2021 15:36 WIB
Beautypedia: Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pakai Produk Skincare Baru, Kenali Jenis Kulit 
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pakai Produk Skincare Baru, Kenali Jenis Kulit . (Foto: Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Ketika berbicara tentang perawatan kulit, kita semua bermimpi memiliki kulit yang sempurna dan cerah. Bagi mereka yang mengalami kulit berminyak dan berjerawat, menjadi sulit untuk mengetahui apa yang berfungsi untuk kulit karena kulit juga sensitif. 

Kulit berminyak atau kulit berjerawat memiliki pori-pori yang lebih luas, karena itu lebih banyak kotoran yang mengendap sehingga menimbulkan jerawat.  Hal ini juga terpengaruh karena kelebihan aliran sebum karena hidrasi yang terbatas.

Jadi, bagi seseorang yang memiliki kulit berminyak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kelembapan kulit.  Selain itu, tidak perlu terlalu sering membersihkan kulit, kecuali menghilangkan kelembapan kulit, dan lebih banyak sebum yang tertutup.

Konsistensi meningkatkan kulit untuk memahami bahwa itu sedang dirawat dan dapat menyembuhkan beberapa area masalah secara topikal. Belajarlah untuk menggunakan lebih banyak produk alami dan organik agar tidak mengiritasi.  

Melansir Pinkvilla, Minggu (31/10/2021) berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan skincare yang baru.

1. Kenali jenis kulit

Penting untuk mengetahui jenis kulit sebelum mencari produk baru.  Sangat penting untuk memilih produk yang sesuai dengan tekstur kulit. Sebagian besar dari kita memiliki kulit di masing-masing jenis ini atau di antara mereka.
Kulit Normal: Ini adalah jenis kulit yang sempurna, dengan kelembapan yang cukup dan tidak ada masalah kulit yang serius.

Kulit Kering: Kelihatannya kencang dan rentan terhadap garis-garis halus dan serpihan.

Kulit Berminyak: Memiliki wajah yang lebih berminyak dan rentan berjerawat.

Kulit Campuran: Memiliki kulit kering atau normal di wajah dan zona-T berminyak, yaitu dahi, hidung, dan rahang.

Kulit Halus: Ini merespon dengan cepat terhadap produk yang kemerahan, sensitif, atau berjerawat.

Untuk mengetahui jenis kulit cobalah eksperimen.  Bersihkan wajah dengan pembersih moderat dan keringkan.  Simpan selama 30 menit dan lihat bagaimana tampilannya.  Jika tampak kencang dan tertarik maka kulitnya kering, Jika T-zone terlihat sedikit lebih cerah dari bagian wajah lainnya maka itu adalah kulit kombinasi.  Jika sifat berminyak lebih diucapkan maka itu adalah kulit berminyak.

2. Pahami bahan-bahan

Setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, periksa masalah kulit utama Anda. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan akan mengatasi masalah kulit tanpa menimbulkan reaksi yang merugikan.

Jika Anda mencari produk yang menargetkan perawatan jerawat, carilah unsur-unsur seperti minyak pohon teh, minyak nimba, niacinamide, dan asam azelaic.  Untuk hasil anti-penuaan, pilih peptida, Vitamin C, dan retinol.

Pilih produk non-komedogenik yang tidak akan menutup pori-pori, dan jauhi produk dengan 'wewangian' sebagai komponennya.  Saat memeriksa bahan-bahannya, perhatikan bahan-bahan aktifnya.  Identifikasi bahwa produk yang lebih tahan lama, seperti pelembab dan serum memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menimbulkan reaksi terkait produk yang dibilas, seperti pembersih dan scrub.

3. Lakukan eksperimen spot

Teliti dan pilih produk dan pastikan untuk melakukan tes di tempat terlebih dahulu.  Banyak dari mereka menghindari bagian ini dan merupakan langkah penting bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau dengan warna kulit tertentu seperti eksim.

Memahami kolom dan label tidak akan mengkonfirmasi bagaimana produk akan bekerja pada kulit – hanya tes spot dapat meyakinkan Anda akan hal itu.

Gunakan sedikit produk di area yang tidak terlihat, tetapi di area yang masih terlihat.  Mulailah dengan siku bagian dalam dan tunggu selama 24 jam untuk memantau hasilnya.

4. Gunakan dalam prosedur yang benar

Jika Anda sudah menjalankan rutinitas perawatan kulit rutin untuk Anda dan Anda menambahkan produk lain di dalamnya, sebaiknya Anda memasukkannya ke dalam urutan aplikasi yang benar.  Aturan praktis utama adalah menggunakan produk dalam bentuk terkecil hingga paling tebal, untuk menjamin setiap produk benar-benar terlibat.

5. Mulai perlahan

Memperkenalkan produk baru memang menarik, tetapi penting untuk menahan kegembiraan dan menambahkan produk baru dengan lembut ke dalam kebiasaan perawatan kulit.  Bahkan jika tempat memeriksa produk, disarankan untuk mempraktikkan produk baru sekali dalam lima hari di tahap pertama.

Hindari mendahului lebih dari satu produk baru ke dalam kebiasaan pada saat yang bersamaan.  Dalam kasus reaksi apapun, akan sulit untuk mengetahui yang mana yang membuatnya.

Terlalu banyak bahan aktif baru sekaligus dapat mengganggu kulit Anda juga.  Jadi, mulailah dengan satu produk, berikan waktu dua minggu untuk disajikan, dan jika semuanya bagus, tambahkan produk berikut.

Rutinitas perawatan kulit yang teratur adalah suatu keharusan untuk memiliki kulit yang sempurna dan bercahaya.  Berinvestasi dalam produk bekerja pada kulit Anda dan itu dibuat untuk Anda.

Editor : Endang Oktaviyanti