Beautypedia: Kemiri Bisa Bikin Rambut Anti Lepek

Muhammad Sukardi
Sabtu 18 Desember 2021 23:53 WIB
Beautypedia: Kemiri Bisa Bikin Rambut Anti Lepek
Minyak kemiri dapat melentikan bulu mata. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Beberapa orang percaya bahwa kemiri mampu menebalkan rambut. Tapi, apakah Anda tahu bahwa kemiri juga bisa bikin rambut anti lepek, lho? 

Manfaat kemiri sebagai anti lepek ternyata akan lebih maksimal jika dipadukan dengan lidah buaya. Ya, bahan alami yang satu itu juga sudah terbukti memberikan kelembapan pada rambut.

"Berdasar cerita yang disampaikan beauty influencer Tanah Air, Kyra Nayda (@kyranayda) dan Hanum Mega (@hanummegaa), ternyata penggunaan serum shampoo yang mengandung kemiri, lidah buaya, dan panthenol, itu bisa membuat rambut anti lepek," kata pendiri Bonvie, Angela Vernanda. 

Rambut lepek merupakan salah satu masalah rambut yang memang banyak dialami banyak perempuan, khususnya perempuan yang tinggal di negara tropis. Tak hanya soal lingkungan, rambut lepek juga bisa disebabkan oleh faktor kebiasaan sehari-hari.

Dalam laman Nourish Beaute, salah satu penyebab rambut lepek adalah konsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat. Ya, nutrisi memainkan peran penting juga dalam kesehatan rambut Anda, bukan hanya tubuh. 

"Untuk menangani rambut lepek, maka penting untuk memastikan asupan makanan sehari-harinya. Pastikan di setiap menu makan, ada buah, sayur, dan sumber protein tanpa lemak. Semua makanan itu memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut," tulis laporan tersebut. 

Dijelaskannya, sumber makanan tersebut juga membantu memberikan suplemen alami yang diformulasikan untuk membantu mengatasi rambut lepek.

Penyebab lain yang mungkin tidak Anda sadari adalah terlalu sering sisiran. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan sisir dengan gigi jarang sehabis mandi untuk menghilangkan kusut.

Poin lain yang cukup penting untuk diperhatikan, lanjut Angela, ialah memastikan produk rambut Anda itu berkualitas baik.

"Jadi, rambut lepek juga bisa dicegah dengan memastikan tidak menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung SLS (sodium lauryl sulfate) dan paraben. Bahan-bahan kimia tersebut yang mungkin bisa menimbulkan efek samping kurang baik pada rambut di kemudian hari," kata Angela.

Editor : Endang Oktaviyanti