Beautypedia: Kenali Tanda Skin Barrier Rusak, Jangan sampai Terlambat!

Laras Dwi Sasmita
Sabtu 14 Mei 2022 14:23 WIB
Beautypedia: Kenali Tanda Skin Barrier Rusak, Jangan sampai Terlambat!
Kenali tanda skin barrier rusak. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang keras dan terikat bersama oleh lipid. Fungsi skin barrier adalah sebagai pelindung.ย 

Skin barrier bisa rusak salah satunya karena penggunaan skincare. Exfoliating yang berlebihan dengan penggunaan AHA BHA misalnya sangat berisiko tinggi merusak skin barrier.

Dokter Estetika dr Abelina, MM, MARS menjelaskan, bahwa ada tanda-tanda khusus yang menunjukkan skim barrier kulit itu rusak. Tapi, kondisi ini tentu tidak bisa digeneralisasikan untuk semua kulit wajah, ya.

"Kerusakan pada skin barrier yang bersifat mild atau ringan pada umumnya tidak memperlihatkan gejala apa-apa di kulit, tapi kalau sudah sedang hingga berat, itu bisa terlihat gejalanya," kata dr Abel, beberapa waktu lalu.

Tanda pertama skin barrier rusak adalah kulit kemerahan. Ini adalah satu gejala yang sangat mudah dikenali. Kemudian, penggunaan skin care yang tidak memberi efek.

"Ya, jika Anda pakai skincare sudah sangat rutin tapi tidak memberikan efek apapun ke kulit wajah, Anda mesti waspada kalau skin barrier Anda rusak dan perlu penanganan lebih serius," ujar dr Abel.

ย 

1
/
2