Beda Buku Nikah dan Kartu Nikah, Calon Pengantin Baru Wajib Tahu!

Ahmad Haidir
Kamis 13 Januari 2022 09:23 WIB
Beda Buku Nikah dan Kartu Nikah, Calon Pengantin Baru Wajib Tahu!
Beda buku nikah dan kartu nikah harus diketahui oleh calon pengantin baru yang akan segera menikah. (celebrities/Kemenag)

JAKARTA, celebrities.id Beda buku nikah dan kartu nikah harus diketahui oleh calon pengantin baru yang akan segera menikah.

Saat ini Indonesia mengenal dua jenis tanda pengenal bukti seseorang telah menikah, yaitu buku nikah dan kartu nikah

Dahulu, kita mungkin hanya mengenal buku nikah saja. Namun sejak sekitar tahun 2018, pemerintah meluncurkan kartu nikah bagi siapa saja pasangan yang melangsungkan perkawinan yang sah secara agama dan negara. 

Bingung? Tenang, buat seluruh masyarakat terutama kamu para calon pengantin baru, yuk ketahui beda buku nikah dan kartu nikah lewat ulasan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini, Kamis (13/1/2022).

1. Perbedaan Bentuk

Secara nalar sederhana saja, sudah barang tentu terdapat perbedaan bentuk antara buku nikah dengan kartu nikah. 

Untuk buku nikah, dokumen yang satu ini merupakan benda yang terbuat dari bahan karton glossy yang terdapat logo Kementerian Agama RI dan memiliki ukuran yang setara passport. Adapun warna buku nikah untuk suami yaitu coklat, sementara untuk istri buku nikahnya berwarna hihau. 

Sementara kartu nikah adalah sebuah dokumen yang berbentuk kartu yang memiliki ukuran setara E-KTP. 

2. Perbedaan Detail

Karena bahan dan bentuknya berbeda, maka antara buku nikah dan kartu nikah juga memiliki detail yang lantas menjadikan keduanya berbeda.

Karena berbentuk buku, buku nikah memuat informasi lengkap terkait detail pernikahan seperti waktu dan tempat dan juga identitas mempelai dalam bentuk tertulis.

Sementara kartu nikah adalah versi upgrade dari buku nikah, dimana secara tampilan lebih sederhana dengan ‘hanya’ terdapat tulisan Kementerian Agama Republik Indonesia di bagian atas lalu foto digital kedua pengantin dengan latar biru serta QR Code. 

 

1
/
2