Begini Cara Bima Sakti Bangkitkan Semangat Timnas Indonesia U-16, Bikin Haru dan Bangga

Andri Bagus Saeful
Jumat 05 Agustus 2022 11:27 WIB
Begini Cara Bima Sakti Bangkitkan Semangat Timnas Indonesia U-16, Bikin Haru dan Bangga
Begini cara Bima Sakti bangkitkan semangat Timnas Indonesia U-16. (celebrities.id/PSSI)

YOGYAKARTA, celebrities.id - Timnas Indonesia U-16 sedang berjuang dalam Piala AFF U-16 di Yogyakarta. Tim asuhan Bima Sakti itu bertekad lolos ke babak selanjutnya.

Tim Merah-Putih saat ini memang menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan enam poin. Catatan itu setelah Timnas Indonesia U-16 menang 2-0 atas Filipina dan 9-0 atas Singapura.

Timnas Indonesia U-16 pun menyisakan satu laga penyisihan Grup A melawan Vietnam U-16. Laga itu akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022).

Dilansir dari YouTube PSSI TV, Jumat (5/8/2022), Bima Sakti punya cara jitu membangkitkan semangat dan kecintaan para pemain kepada Indonesia. Hal itu pun terbukti di dua laga sebelumnya timnya tampil impresif.

Setiap sebelum berlaga, Bima Sakti menginstruksikan para pemain sejenak merenung dengan menatap foto orang tua tersayang yang terpajang di ruang ganti. 

Hal itu bertujuan membuat para pemain tampil lepas demi membanggakan kedua orang tua masing-masing.

"Kalian harus tahu mengapa kalian bisa berada di Timnas Indonesia U-16. Tatap orang tua, ibu, ayah. Mungkin mereka rela tidak makan demi kalian bermain sepak bola," kata Bima Sakti.

Bima Sakti mengatakan para orang tua juga berjuang agar para anak muda bisa masuk Timnas Indonesia U-16. Oleh karena itu, para pemain Timnas Indonesia U-16 jangan menyia-nyiakan perjuangan orang tua.

"Tidak beli sesuatu yang diingatkan agar mereka (orang tua) bisa melihat kalian (pemain) masuk sekolah sepak bola, akademi dan lain lain," ucapnya.

Suasana ruang ganti pemain Timnas Indonesia U-16 menjadi cukup haru. Pasalnya, para pemain begitu menghayati perkataan Bima Sakti saat memandang foto-foto orang tua masing-masing.

Setelah itu, Bima Sakti membangkit semangat pemain sambil berteriak dengan suara lantang dengan menyebut nama Indonesia. Hal itu agar para pemain tampil menggila.

"Siapa kita, Indonesia. Siapa kita, Indonesia," kata Bima Sakti diikuti para pemain.

Selanjutnya, para pemain bersama-sama meletakan tangan di atas bendera merah putih yang dibentangkan. Di saat itu para pemain bersama Bima Sakti sambil berdoa bersama-sama.

Hal itu bertujuan agar membangkitkan rasa nasionalisme para pemain. Jadi, para pemain akan bangga tampil untuk Timnas Indonesia U-16.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi