Begini Cara Turunkan Kolesterol Paska Lebaran, Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Kevi Laras
Jumat 06 Mei 2022 14:31 WIB
Begini Cara Turunkan Kolesterol Paska Lebaran, Perbanyak Makan Buah dan Sayuran
Cara menurunkan kolesterol setelah Lebaran. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Makan bersama saat Lebaran adalah momen indah untuk dilakukan. Namun, menyantap beragam hidangan berisiko mampu meningkatkan kolesterol jahat.

Hal tersebut tidak disadari saat seseorang asyik mengonsumsi sesuatu, setelahnya baru sadar. Lantas seperti apa cara menurunkan kolesterol setelah Lebaran? 

Ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra mengatakan mengonsumsi buah dan sayur menjadi kunci utama bagi seseorang penderita kolesterol maupun gula darah atau diabetes melitus.

"Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran untuk mencegah kenaikan kolesterol dan gula darah," ujar dr. Yohan kepada MNC Portal, Jumat (6/5/2022)

Lebih lanjut, dr. Yohan Samudra mengatakan bahwa seseorang kala lebaran kerap kali mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung seperti kue kering dan cemilan lain.

Ternyata kelebihan tepung dalam tubuh justru mampu meningkatkan kadar gula dan kolesterol, sebab tepung yang dihidangkan mayoritas diolah dengan cara di goreng. Belum lagi hidangan populer disetiap lebaran yaitu Opor Ayam atau Rendang serta makanan lain yang bersantan dan berminyak.

"Berbahaya jika kadarnya naik-turun tidak stabil, sehingga saat lebaran dan setelahnya tetap memperhatikan asupan makanan. Dengan menghindari makanan digoreng, bersantan, tepung-tepungan, ataupun yang mengandung tinggi lemak," ujarnya.

Untuk itu, perlu tambahan lemak sehat agar kolesterol tetap terjaga. Caranya bisa mengonsumsi ikan, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jumlah kolesterol juga diukur dalam hitungan miligram per desiliter (mg/DL).

Sebagai informasi, standar normal kolesterol dapat berbeda-beda setiap manusia, berikut rinciannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/5/2022).

1. Pria/wanita usia 19 tahun atau lebih muda:
Kolesterol LDL: Kurang dari 100mg/dL
Kolesterol HDL: Lebih dari 45mg/dL
Non-HDL: Kurang dari 120mg/dL
Total kolesterol: Kurang dari 170mg/dL

2. Pria usia 20 tahun atau lebih tua:
Kolesterol LDL: Kurang dari 100mg/dL
Kolesterol HDL: 40mg/dL atau lebih tinggi
Non-HDL: Kurang dari 130mg/dL
Total kolesterol: 125 sampai 200 mg/dL

3. Wanita usia 20 tahun atau lebih tua:
Kolesterol LDL: Kurang dari 100mg/dL
Kolesterol HDL: 50mg/dL atau lebih tinggi
Non-HDL: Kurang dari 130mg/dL
Total kolesterol: 125 sampai 200 mg/dL

Editor : Tia Ayunita