Begini Kondisi Armuzna saat Ini, Tempat Pelaksanaan Puncak Ibadah Haji

Dani Adil
Senin 20 Juni 2022 06:25 WIB
Begini Kondisi Armuzna saat Ini, Tempat Pelaksanaan Puncak Ibadah Haji
Armuzna tempat pelaksanaan puncak ibadah haji. (Foto: celebrities.id/Ist)

MAKKAH, celebrities.id - Ibadah haji 2022 akan dilaksanakan tidak lama lagi. Namun, sebelum ibadah itu dilakukan, MNC Portal Indonesia (MPI) yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) berkesempatan melihat langsung Armuzna sebagai tempat pelaksanaan puncak ibadah haji 2022.

Bersama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi daerah kerja (daker) Makkah, MCH meninjau Armuzna. Peninjauan dipimpin Kepala Daker Makkah Mukhammad Khanif beserta kepala sektor lainnya.

Jarak Makkah ke Arafah sekira 19,6 kilometer (km). Sementara jarak Arafah ke Muzdalifah sekira 10 km dan Muzdalifah ke Mina kurang lebih 5 km.

Tiba di Arafah, hal yang pertama dilihat adalah kondisi tenda di Arafah. Pemerintah Arab Saudi berkomitmen menaikkan kualitas pelayanan haji, hal ini tidak terlepas dari kenaikan biaya layanan di Masyair. Tenda masuk ke dalam komponen biaya layanan di Masyair, Armuzna.

Tampak tenda berdiri kokoh di Arafah namun kondisinya belum siap 100 persen. Di dalam tenda, masih ada gundukan pasir. Namun, nantinya akan disiapkan karpet atau alas untuk jamaah haji Indonesia. Selain itu, rencananya akan disiapkan kasur kecil.

Armuzna tempat pelaksanaan puncak ibadah haji. (Foto: celebrities.id/Ist)

Masing-masing tenda dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) ukuran besar. Hal ini mengingat suhu di Makkah sangat panas, rata-rata 42-46 derajat celcius pada siang hari.

Sementara itu, kondisi toilet di Arafah juga belum siap pakai meski ada toilet baru yang dibangun.

 

1
/
2