Begini Penampakan PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara yang Resmi Beroperasi, Sokong Penyelenggaraan G20 

Iqbal Dwi Purnama
Kamis 22 September 2022 08:46 WIB
Begini Penampakan PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara yang Resmi Beroperasi, Sokong Penyelenggaraan G20 
Penampakan PLTS Tol Bali-Madara. (Foto: celebrities.id/Dok PLTS)

BALI, celebrities.id - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jalan Tol Bali-Mandara telah resmi dioperasikan. Pengaplikasian PLTS di jalan tol tersebut dalam rangka mendukung puncak acara penyelenggaraan G20 di Bali.

PLTS tersebut dibangun oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI) untuk mendukung kegiatan dan operasional PT Jasamarga Bali Tol (JBT). Perusahan tol itu merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga).

Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga mengatakan hal ini merupakan salah satu langkah konkret untuk mewujudkan pengurangan emisi karbon global yang menjadi salah satu fokus dalam agenda Presidensi G20 di Indonesia.

“Baru pertama kali saya saksikan proses bisnis jalan tol yang berkolaborasi dengan pembangunan PLTS, ini terobosan yang sangat baik. Kementerian BUMN sangat mendukung kerjasama ini yang selaras dengan target pencapaian bauran energi nasional dari Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada tahun 2025,” ujar Nora.

Penampakan PLTS Tol Bali-Madara. (Foto: celebrities.id/Dok PLTS)
Penampakan PLTS Tol Bali-Madara. (Foto: celebrities.id/Dok PLTS)

Memiliki kapasitas maksimum 400 Kilowatt-peak (kWp), panel surya PLTS ini dipasang di enam titik. Masing-masing berlokasi di akses masuk dan keluar jalur motor di tiga gerbang tol Jalan Tol Bali-Mandara.

Panjang panel surya untuk masing-masing titik tersebut adalah 1 kilometer (km). Pasokan listrik yang didapatkan melalui PLTS tersebut akan menjadi sumber listrik yang ramah lingkungan untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), kantor operasional dan juga gerbang tol di Jalan Tol Bali-Mandara.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan rasa terima kasihnya pada Pemerintah Provinsi Bali dan Kementerian BUMN. Hal itu lantaran dorongan untuk menerapkan teknologi ramah lingkungan di jalan tol melalui pemanfaatan PLTS, termasuk dukungan program penataan lansekap Jalan Tol Bali Mandara.

"Semoga implementasi PLTS ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam menghadirkan program-program produktif lainnya guna menghasilkan manfaat ekonomi, sosial, maupun lingkungan, sesuai dengan komitmen Jasa Marga untuk mewujudkan jalan tol berkelanjutan,” tutur Subakti.

Editor : Lisvi Padlilah