Begini Penampakan Rel Trem Peninggalan Belanda di Lokasi Proyek MRT Harmoni-Mangga Besar, Bantalan Kayu Jati Masih Kokoh

Icon CameraMuhammad Refi Sandi
Rabu 16 November 2022 13:59 WIB
Begini Penampakan Rel Trem Peninggalan Belanda di Lokasi Proyek MRT Harmoni-Mangga Besar, Bantalan Kayu Jati Masih Kokoh
Rel Kereta trem jaman kolonial Belanda ditemukan. (Foto: Refi Sandi/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Rel trem kuno peninggalan kolonial Belanda ditemukan pada proyek MRT Jakarta Fase 2 atau tepatnya di proyek CP202 Harmoni-Mangga Besar. 

Berdasarkan pantauan di proyek MRT CP202 bakal Stasiun Harmoni, Jalan Gajah Mada, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (16/11/2022) nampak rel trem kuno sedang dikupas pekerja menggunakan jack hammer dan martil. Terlihat juga ekskavator mini sedang mengupas lapisan aspal dan batu pondasi rel trem kuno.

Rel trem kuno peninggalan Belanda terlihat jelas mulai dari persimpangan Harmoni hingga JPO Halte Transjakarta Harmoni. Nampak juga wesel perpindahan jalur rel trem kuno di persimpangan Harmoni.

Rel trem kuno yang berbahan dasar baja membentang dari simpang Harmoni hingga simpang Rukan Duta Merlin. Terlihat pula bantalan rel trem terbuat dari kayu jati yang amat kokoh belum terlihat pelapukan.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta memastikan rel trem kuno zaman kolonial Belanda yang ditemukan di area konstruksi CP202 akan direlokasi dengan baik. Dengan demikian kondisi rel itu tetap terawat seperti saat penemuan.

"PT MRT Jakarta bersama dengan tim ahli arkeologi dan kontraktor pelaksana Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) telah menyusun metode pekerjaan penyelamatan temuan rel trem tersebut sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

 

1
/
2