Bekasi Lakukan Vaksinasi Booster Kedua Mulai Besok, di Puskesmas dan Rumah Sakit

Icon CameraJonathan Simanjuntak
Senin 23 Januari 2023 13:59 WIB
Bekasi Lakukan Vaksinasi Booster Kedua Mulai Besok, di Puskesmas dan Rumah Sakit
Kabupaten mulai vaksin booster kedua besok. (Foto: celebrities.id/Lukman Hakim)

BEKASI, celebrities.id - Pemerintah menyatakan masyarakat umum dapat melakukan vaksinasi booster kedua. Menindaklanjuti hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Alamsyah memastikan vaksinasi booster kedua untuk warga Kabupaten Bekasi siap dilaksanakan. 

Adapun jadwal penyuntikkan vaksinasi booster kedua akan dimulai Selasa (24/1/2023) besok. Pelaksanaan vaksinasi booster tersebut sesuai dengan perintah pada Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Booster kedua Bagi Kelompok Masyarakat Umum dari Kementerian Kesehatan.

“Vaksinasi booster siap mulai besok,” kata Alamsyah di Bekasi, Senin (23/1/2023).

Pelayanan vaksinasi booster kedua dibuka secara menyeluruh. Adapun masyarakat hanya perlu mendatangani fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkannya.

“Bisa datang di puskesmas dan RS di Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menyiapkan sebanyak 70 vial stok vaksinasi untuk booster kedua. Menurutnya, stok vaksin akan ditambah dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Vaksin ada, stok sementara ada 70 vial SB, menunggu tambahan droping dari provinsi,” ujar dia.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengizinkan pemberian vaksin booster kedua atau vaksinasi tahap keempat untuk masyarakat yang berumur 18 tahun ke atas.
 
Izin itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua Bagi Kelompok Masyarakat Umum tertanggal 20 Januari 2023.
 
Surat yang tandatangani oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu itu menerangkan, izin pemberian vaksin booster kedua itu mempertimbangkan data dan situasi epidemiologi kasus Covid-19 serta adanya varian baru di Tanah Air.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News