Belasan Sapi Kabupaten Kotawaringin Barat Terjangkit PMK, Diduga Imbas dari Jawa Timur

Sigit Dzakwan
Kamis 12 Mei 2022 10:45 WIB
Belasan Sapi Kabupaten Kotawaringin Barat Terjangkit PMK, Diduga Imbas dari Jawa Timur
Ribuan sapi diKotawaringin Barat mengidap penyakit mulut dan kuku, diduga imbas dari Jawa Timur. (Foto: Antara)

KOTAWARINGIN BARAT, celebrities.id - Belasan ekor sapi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah diduga terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Medik Veteriner Muda, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kobar drh. GM Sofyannoor mengatakan, kasus PMK di Kobar awalnya ditemukan di Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

"Penemuan awal berdasarkan cek lapangan sebanyak 16 ekor sapi di Kecamatan Arsel diduga tertular penyakit tersebut. Namun, temuan gejala klinis suspek PMK harus diteguhkan dengan konfirmasi hasil laboratorium. Untuk pemeriksaan PMK, laboratorium rujukan nasional adalah Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Surabaya," ujarnya, Kamis (12/5/2022).

Namun, kata dia, diduga penyakit ini sudah menyebar ke kecamatan lain yaitu Kecamatan Pangkalan Banteng, seiring dengan lalu lintas sapi yg didatangkan dari Provinsi Jawa Timur.

"Awal ditemukannya kasus ini adalah saat kami melakukan cek di lapangan, pasca disampaikannya surat dari Dinas Peternakan Provinsi Jatim tentang laporan adanya penyakit menular akut pada ternak PMK di Jatim per 6 Mei 2022,” ucapnya.

 

1
/
2