Benar Vaksin Covid-19 Mengandung Microchip? Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Jumat 28 Mei 2021 19:54 WIB
Vaksinasi lansia (Foto:celebrities.id/Sindonews)

JAKARTA, celebrities.id – Di media sosial beredar unggahan bahwa vaksin Covid-19 memiliki microchip magnetik. Dalam unggahan tersebut tampak seorang wanita yang memiliki reaksi magnet usai menerima vaksin Covid-19.  

Lantas, apakah klaim tersebut benar? Merangkum laman resmi Covid19 pada Jumat (28/5/2021), hasil investigasi dari sejumlah sumber kredibel seperti Lead Stories, USA Today, AFP United States, dan Factcheck, semuanya membantah klaim vaksin Covid-19 mengandung mikrochip. 

Merangkum AFP, sejumlah ahli medis menilai bahwa kabar yang beredar tersebut tak lebih dari teori konspirasi semata. Alhasil, kabar tersebut masuk dalam kategori disinformasi tentang virus Covid-19.

“Tidak, medapatkan vaksin Covid-19 tidak dapat menyebabkan lengan Anda menjadi magnet. Ini tipuan, jelas dan sederhana,” jelas Spesialis Penyakit Menular di University of Chicago Medicine, dr. Stephen Schrantz.

Menurut USA Today, klaim adanya microchip dalam vaksin Covid-19 diduga berasal dari teori konspirasi salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates. Perusahaan tersebut diduga berada di balik skema global yang secara diam-diam menanamkan microchip dan melacak miliaran orang.

 

1
/
2