Benarkah Lesi Cacar Monyet di Mr P Sebabkan Mandul? Ini Penjelasan Ahli Kesehatan

Muhammad Sukardi
Jumat 12 Agustus 2022 10:25 WIB
Benarkah Lesi Cacar Monyet di Mr P Sebabkan Mandul? Ini Penjelasan Ahli Kesehatan
Benarkah lesi cacar monyet di Mr P sebabkan mandul?. (celebrities.id/Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus lesi cacar monyet di Mr P semakin banyak ditemukan. Prevalensi terbanyak ada di kelompok gay, biseksual, atau laki-laki berhubungan seks dengan laki-laki (LSL).

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah lesi cacar monyet di Mr P sebabkan mandul? Apakah infeksi tersebut benar-benar bisa memengaruhi fertilitas pria?

Menurut Ahli Penyakit Kulit dan Kelamin dr Eliza Miranda, SpKK(K), memang betul bahwa saat ini kasus monkeypox banyak diidentifikasi dari lesi di alat kelamin. Penularan melalui mukosa genital menjadi penyebabnya.

"Cacar monyet yang saat ini mewabah banyak ditularkan melalui mukosa genital, makanya lesi cacar monyet di alat kelamin banyak ditemukan kasusnya," kata dr Liza, dalam Webinar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), beberapa waktu lalu.

Tapi, untuk menjawab apakah cacar monyet yang ada di Mr P bisa sebabkan masalah fertilitas, kata dr Liza, hingga sekarang belum ada laporan kasusnya secara langsung.

Namun, kemungkinan itu ada. Bukan karena infeksi virus monkeypox secara langsung, tapi karena koinfeksi yang muncul bersamaan dengan cacar monyet, misalnya akibat bakteri klamidia.

"Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Kenapa? Karena prevalensi atau insiden koinfeksi bersamaan dengan infeksi menular seksual lainnya bisa menimbulkan masalah fertilitas, contohnya klamidia," kata dr Liza.

"Itu juga bisa meningkat, yang tadinya 29% tapi akhir-akhir ini ada yang 76% infeksi bersamaan dengan infeksi menular seksual lainnya," ucapnya. 

Salah satu faktor penyebab tertinggi adalah hubungan seks yang tidak sehat dan bersih.

Jadi, ada kemungkinan terjadinya masalah infertilitas pada kasus cacar monyet yang menyerang alat genital, tap itu bukan karena virus monkeypox itu sendiri, melainkan koinfeksi penyakit menular seksual yang terjadi bersamaan dengan infeksi cacar monyet.

"Pada kasus klamidia, penyakit yang terjadi pada pria adalah uretritis non-spesifik, lalu pada wanita genital non-spesifik, dan penyakit ini menimbulkan masalah berupa infertilitas," kata dr Liza.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi