Benarkah Orang yang Belum Aqiqah Tidak Boleh Kurban? Begini Penjelasan Buya Yahya

Hasyim Ashari
Rabu 25 Mei 2022 22:09 WIB
Benarkah Orang yang Belum Aqiqah Tidak Boleh Kurban? Begini Penjelasan Buya Yahya
Buya Yahya menjelaskan berkurban untuk belum aqiqah. (Foto: celebrities.id/Instagram @buyayahya_albahjah)

JAKARTA, celebrities.id - Tak lama lagi, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Hewan kurban pun disiapkan oleh umat Islam yang mampu. 

Terkait ibadah kurban ini, bolehkah berkurban bagi orang yang belum melaksanakan Aqiqah?

Menjawab hal tersebut, Buya Yahya menyampaikan bahwasannya hukum melakukan Aqiqah termasuk amalan sunnah. Ada 4 mazhab yang sepakat bahwa aqiqah adalah sunah.

"Kesepakatan 4 mazhab ada yang mengatakan aqiqah sunah, dan sebagian ada yang mengatakan hukumnya wajib," tutur Buya Yahya dalam video yang diunggah di Al Bahjah TV, Rabu (25/5/2022).

Lebih lanjut, Buya Yahya mengatakan bahwa sunah aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran anak bersamaan diberikannya nama.

Adapun tujuan aqiqah untuk memberikan informasi kepada orang-orang sekitar dan sedekah agar si anak diberi perlindungan Allah SWT.

"Aqiqah disunahkan umumnya di hari ketujuh dan sambil diberi nama. Tujuan dari Aqiqah adalah untuk memberi tahu orang-orang dan juga sedekah agar anaknya dijaga oleh Allah SWT," kata Buya.

Jika hari ketujuh tidak mempunyai cukup harta bisa menunggu di hari ke-21. Namun saat pekan kedua belum mempunyai uang bisa tahun depan. Batasan aqiqah si anak hingga dia baligh yang ditandai mimpi basah dan keluarnya air mani.

"Kalau di hari ketujuh gak punya duit ya ditunggu sampai hari ke 21. Kalau gak punya juga sampai anak itu baligh sudah haid bagi anak wanitanya atau keluar air mani bagi anak laki-laki. Maka saat itu orangtua sudah lepas dan tidak dituntut Aqiqah," ucap Buya.

Maka disimpulkan untuk mendahulukan melakukan aqiqah anak yang baru lahir. Sementara aqiqah untuk diri sendiri dapat dilakukan jika memiliki rezeki nanti.

Editor : Hadits Abdillah