Benarkan Kolesterol Tidak Selamanya Bahaya? Cek Faktanya

Kevin Laras
Minggu 01 Mei 2022 13:16 WIB
Benarkan Kolesterol Tidak Selamanya Bahaya? Cek Faktanya
Kolesterol tidak selamanya bahaya. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Memiliki kolesterol dalam tubuh tidak selalu menjadi hal buruk bagi kesehatan, benarkah?Ā 

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Kolesterol bisa terbentuk karena adanya kandungan minyak yang dikonsumsi secara berlebihan.Ā 

"Bukan berarti kita harus menghindari sama sekali kolesterol dan lemak sebetulnya sangat dibutuhkan tubuh. Contohnya yang paling penting, adalah pembentukan hormon," ujar dr. RA Adaninggar PN, SpPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam siaran sehat bersama Kementerian Kesehatan, dikutip pada Minggu (1/5/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan bila memiliki kolesterol mampu membentuk membran sel dalam tubuh. Sehingga lemak dalam konsumsi juga dibutuhkan dengan batas wajar, alias tidak berlebihan.

Berapa batas normal makan lemak?

Ketika mengonsumsi gorengan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dokter Ada mengajak agar pengidap kolesterol, selalu mengingat asupan minyak goreng, normalnya tidak lebih dari lima sendok makan dalam sehari.

"Makanannya di dalam minyak jadi sudah jauh melebihi kebutuhan harian sebetulnya, makanya gorengan kalau kita makan dalam jangka panjang, itu memang pasti ada kenaikan kolesterol jahat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, dia mengatakan bila tidak mengidap kolesterol, gula atau lainnya tidak masalah. Bisa makan bebas dalam satu hari, setelahnya langsung mengontrol asupan kembali.

"Nggak masalah bagi mereka yang tidak punya sakit apa-apa lost control untuk menikmati momen lebaran, it's ok. Karena memang sakit nggak langsung terjadi, dalam waktu sehari tapi dalam jangka panjang," kata dr Ada.

Editor : Endang Oktaviyanti