Benarkan Sampo Sensasi Dingin Bikin Rambut Kering? Cek Faktanya

Muhammad Sukardi
Senin 25 Juli 2022 08:56 WIB
Benarkan Sampo Sensasi Dingin Bikin Rambut Kering? Cek Faktanya
Sampo sensasi dingin bikin rambut kering. (Foto: celebrities.id/ Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak muncul di pasaran sampo dengan sensasi dingin. Sampo jenis ini menawarkan rasa dingin setelah keramas dan dianggap paling cocok untuk iklim Indonesia yang lembap.

Sampo sensasi dingin pada umumnya mengandung mint. Bahan aktif lainnya pun menunjang sensasi tersebut, sehingga kepala terasa ringan dan ada perasaan segar di helai rambut.

Tapi, ada sebagian orang percaya kalau sampo sensasi dingin semacam itu bikin rambut kering. Mitos atau fakta, ya, sampo sensasi dingin bikin rambut kering? 

Dijelaskan oleh Dokter Nataliani Mawardi, tidak benar bahwa semua sampo sensasi dingin itu membuat rambut kering. Itu akan sangat tergantung dari komposisi yang dipakai dalam sampo tersebut. 

"Tidak benar bahwa sampo sensasi dingin yang biasanya mengandung mint itu menyebabkan rambut kering. Sensasi dingin itu sendiri pun bukan berarti rambutnya terasa lebih kering," katanya saat diwawancarai MNC Portal, beberapa waktu lalu. 

Bisa menyebabkan kering, lanjut dr Nataliani, jika bahan aktif yang dimasukkan ke dalam komposisi sampo sensasi dingin kurang cocok pada jenis kulit kepala ataupun rambut penggunanya.

"Atau menyebabkan rambut atau kulit kepala kering jika bahan aktif yang dipakai terlalu kuat chemical-nya," ujar dr Nataliani yang juga pendiri NMW Skin Care. 

 

1
/
2