Benarkan Terapi Musik Sembuhkan Covid-19? Ini Penjelasannya 

Muhammad Sukardi
Senin 19 Juli 2021 11:18 WIB
Terapi musik dikatakan sebagai salah satu cara penyembuhan Covid-19. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Setiap pasien Covid-19 punya cerita sendiri dalam proses penyembuhan. Ada yang mengatakan cukup istirahat, perbanyak konsumsi 'imun positif' dengan nonton yang lucu-lucu, bahkan belum lama ini ada yang mengaku lebih baik kondisinya saat Long Covid-19 dengan bernyanyi.

Ya, Lydia Zuraw mengaku lebih mudah bernapas dengan bernyanyi. Tentu, apa yang dialami Lydia tak bisa menjadi kebenaran secara medis, karena kembali, ini pengakuan secara subjektif pasien Covid-19.

"Oktober lalu, sesak napas saya memburuk setelah berminggu-minggu jalani pengobatan. Sesak itu muncul saat saya berjalan atau beristirahat, berbaring atau duduk, bekerja atau nonton film, berbicara atau bahkan saat bermeditasi dalam diam," ceritanya yang dikutip dari South China Morning Post, Senin (19/7/2021). 

"Tapi, saat bernyanyi sesak napas itu tidak ada," ujarnya

Juni adalah masa di mana Lydia merasa amat tersiksa dengan infeksi Covid-19 dalam tubuhnya. Rasa tidak nyaman termasuk frustasi hinggap di dirinya berlarut-larut hingga tak terasa tubuhnya kekurangan oksigen dan itu yang membuat sesaknya memburuk.

Dia pun menjelaskan gejala Covid-19 yang dialami, yaitu sakit tenggorokan, sakit kepala, kelelahan, dan sesak napas. "Bahkan, gejala tersebut bertahan setahun kemudian," tambahnya.

Musik benar-benar membantunya pulih dari kondisi tak nyaman tersebut. Dia pun sudah dekat dengan musik sejak usia lima tahun membuatnya benar-benar merasa dekat dengan musik dan ternyata lewat musik jugalah dia merasa membaik dari infeksi Covid-19 tersebut.

"Saya mulai les biola itu saat usia lima tahun, lalu beralih ke musik folk di usia 6 tahun. Saya juga aktif sebagai penyanyi paduan suara di usia 12 tahun. Saat pandemi, saya pun bergabung dengan paduan suara virtual lintas negara," ceritanya.

 

1
/
3