Benteng Pendem Direnovasi, Gubernur Khofifah: Semoga Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Ngawi

Lukman Hakim
Jumat 05 Agustus 2022 08:50 WIB
Benteng Pendem Direnovasi, Gubernur Khofifah: Semoga Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Ngawi
Benteng Pendemi di Jawa Timur direnovasi, siap dongkrak wisatawan ke Kabupaten Ngawi. (Foto: PUPR)

NGAWI, celebrities.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau progres pemugaran Benteng Pendem atau Van den Bosch di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Pelem, Kabupaten Ngawi. 

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Jawa Timur tersebut mengusulkan sejumlah penambahan fasilitas wisata guna memperkuat daya tarik wisata cagar budaya ini.

Diantaranya dengan penambahan wahana wisata air. Mengingat, di belakang benteng tersebut terdapat aliran sungai. Bahkan dulu merupakan pelabuhan Tempura serta ruang untuk mengenal lebih utuh Benteng Van den Bosch melalui artificual intelligence. 

"Sehingga nuansa wisata edukasinya juga kuat," kata Khofifah,  Jumat (5/8/2022). 

Proses pemugaran Benteng Van den Bosch sendiri saat ini telah mencapai 80 persen. Usulan tersebut akan didiskusikan secara langsung bersama tim ahli dari Belanda yang saat ini tengah menyiapkan wisata air Sungai Wlingi.

"Saat ini, tim dari Belanda sedang mendukung wisata air sungai Wlingi  di Pasuruan. Kemudian di tambahkan di belakang Grahadi anak sungai Kalimas dan sudah disetujui untuk dipercantik juga. Maka saya menyampaikan insyaallah saya usulkan untuk ditambahkan  membuat wisata air di belakang benteng ini, tim Belanda  semoga tidak keberatan karena ini bagian heritage yang memiliki nilai sejarah berkaitan dengan Belanda," kata Khofifah. 

 

1
/
3