Berapa Lama BPKB Motor dan Mobil Keluar? Simak Penjelasan Lengkapnya

Icon CameraHasyim Ashari
Minggu 20 November 2022 20:26 WIB
Berapa Lama BPKB Motor dan Mobil Keluar? Simak Penjelasan Lengkapnya
Berapa lama BPKB motor dan mobil keluar. (Foto: celebrities.id/Doc. Wuling)

JAKARTA, celebrities.id - Berapa lama BPKB motor dan mobil keluar? Yup, ini sepertinya menjadi pertanyaan banyak orang.

Apalagi BPKB kendaraan menjadi penting, sebagai alat bukti yang kuat pemilik kendaraan tersebut.

Dilansir dari laman resmi Polri, Minggu (20/11/2022), penerbitan BPKB dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Bersamaan dengan pendaftaran BPKB diberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Umumnya BPKB bisa kamu ambil maksimal tujuh hari setelah pelunasan. Setiap dealer dan leasing bisa saja berbeda perihal lamanya BPKB keluar setelah lunas. 

Setelah melakukan pelunasan pastinya sudah lega karena beban membayar kendaraan sudah usai. Jadi, saatnya kamu mengambil BPKB. Dokumen yang satu ini harus kamu miliki karena berisi informasi kepemilikan hingga pajak.

Lantas apa saja persyaratan pengambilan BPKB yang sudah lunas? Berikut ulasannya.

Setelah tahu berapa lama BPKB keluar setelah pelunasan, maka selanjutnya adalah mengetahui cara mengambilnya. Cara ini bisa kamu lakukan jika membeli mobil atau motor dengan cash.

Cara pengambilan BPKB setelah lunas dengan pembayaran tunai bisa dilakukan pemilik kendaraan dengan mendatangi pihak leasing tempat mengajukan kredit kendaraan atau dealer atau diwakilkan.

Saat di delar, kamu wajib menunjukkan bukti pelunasan. Simpan nota pelunasan dan pembelian motor atau mobil dengan baik. 

Nota tersebut juga akan sangat berguna untuk mengklaim garansi.

Selain nota pelunasan, berkas lainnya adalah KTP dan STNK asli. Berkas tersebut menjadi acuan pihak dealer untuk memastikan identitas pemilik serta kendaraannya.

Editor : Imantoko Kurniadi