Berapa Usia Ideal Pasang Behel pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Ratu Syra Quirinno
Senin 20 Juni 2022 19:15 WIB
Berapa Usia Ideal Pasang Behel pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!
Berapa usia ideal pasang behel pada anak. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Berapa usia ideal pasang behel pada anak wajib diketahui orangtua. Pasalnya, pemasangan behel pada gigi dapat merapikan struktur gigi anak.

Sebagian orang menyebut bahwa seseorang baru boleh mengunakan behel ketika remaja atau menunggu sampai gigi dewasa tumbuh semuanya. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022) berikut ulasannya.

Berapa Usia Ideal Pasang Behel pada Anak

Ketika gigi berantakan, gingsul, atau masalah lainnya timbul saat masih belia, ternyata dapat segera ditangani atau dirapikan. Namun, tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi.
Ā 
Saat anak menginjak umur enam tahun, biasanya sudah mulai terjadi perkembangan rahang dan pergantian gigi susu. American Association of Orthodontist menyarankan untuk mengevaluasi pertumbuhan gigi si anak ketika usia tujuh tahun.

Bukan tanpa alasan, pasalnya, di usia tujuh tahun gigi permanen anak sudah mulai muncul. Hal ini membuat dokter sudah bisa mendeteksi jika ada kelainan dalam perkembangan rahang dan gigi si anak. Sebenarnya, tidak ada patokan khusus untuk usia anak pakai behel.

Tetapi, anak Anda dapat mulai pasang behel di rentang usia usia sembilan sampai 14 tahun dimana beberapa gigi permanen sudah mulai tumbuh, dan masih dalam masa pertumbuhan anak. Pemasangan behel sebaiknya dilakukan di saat anak Anda masih dalam masa pertumbuhan, karena ketika pertumbuhan mereka terhenti, perawatan akan memakan waktu yang lebih lama.

Selain itu, ada juga tips pemasangan behel pada anak. Memasang behel pada anak adalah bentuk usaha untuk memodifikasi dan membantu pertumbuhan rahang dan gigi ke arah yang ideal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah memasang kawat gigi untuk anak, diantaranya:

  1. Memeriksa kondisi gigi dan rahang anak Anda terlebih dahulu.
  2. Sebelum memasang behel membuat cetakan rahang atas dan rahang bawah terlebih dahulu untuk mendapatkan model gigi.
  3. Persiapkan mental dan disiplin dalam merawat kesehatan gigi dan mulut.
  4. Hindari makanan-makanan yang manis atau lengket untuk menjaga kebersihan gigi dan behel. Karena, sisa-sisa makanan mudah tersangkut pada komponen bracket.
  5. Dan yang tak kalah penting adalah lakukan dengan dokter gigi yang berkompeten atau dokter gigi spesialis yang memiliki pemahaman lebih mendalam.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra