Berhubungan Seks Bisa Perbaiki Siklus Haid Berantakan? Ini Kata Pakar Kesehatan

Wiwie Heriyani
Senin 19 September 2022 22:17 WIB
Berhubungan Seks Bisa Perbaiki Siklus Haid Berantakan? Ini Kata Pakar Kesehatan
Berhubungan Seks Bisa Perbaiki Siklus Haid Berantakan? Ini Kata Pakar Kesehatan. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Haid atau menstruasi yang tidak teratur kerap dialami oleh beberapa wanita. Siklus haid normalnya berkisar 21-35 hari dengan lama perdarahan dua hingga delapan hari.

Siklus haid bisa dikatakan tidak teratur jika terjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Secara umum, siklus haid menjadi tidak teratur bila terjadi ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Hal ini tentu tidak diinginkan oleh para wanita karena bisa menjadi pertanda ada kondisi tertentu di dalam tubuh. Karena itu, berbagai solusi pun dilakukan agar siklus haid kembali menjadi normal atau teratur. Namun, dari sekian banyak cara, ada satu cara yang dianggap bisa menjadi solusi agar haid kembali teratur, yakni dengan berhubungan seks bagi yang telah menikah. Benarkah demikian?

Faktanya, dalam beberapa penilitian, berhubungan seks memang memiliki banyak manfaat bagi wanita yang tengah menstruasi, salah satunya bagi yang memiliki masalah haid tidak teratur.

Berhubungan seks solusi kram menstruasi

Kram adalah salah satu keluhan utama ketika wanita mengalami menstruasi. Pakar kesehatan wanita di Santa Monica, California, Sherry A. Ross, mengatakan, berhubungan seks dapat membantu meredakan kram menstruasi. Ross menjelaskan, kram menstruasi disebabkan oleh rahim yang berkontraksi untuk membantu melepaskan lapisannya, yang dipicu oleh pelepasan hormon yang disebut prostaglandin.

Nah, orgasme yang didapatkan dari berhubungan seks dapat mengendurkan rahim sehingga bisa menghilangkan rasa sakit akibat kram. Ross melanjutkan, selain relaksasi fisik rahim ini, ada juga hormon perasaan baik yang dilepaskan saat Anda mengalami orgasme, yang disebut endorfin. Endorfin mengaktifkan reseptor opioid dalam tubuh, yang dapat membantu meredakan rasa sakit untuk sementara.

Reseptor opioid adalah bagian dari sistem dalam tubuh yang mengontrol rasa sakit. Karena itu, rasa sakit akibat kram dapat diredakan, baik itu kram menstruasi ataupun kram premenstrual syndrome (PMS) yang terjadi satu hingga tiga hari sebelum menstruasi. Obat penghilang rasa sakit alami tersebut juga dapat membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri lain yang berhubungan dengan menstruasi Anda, salah satunya sakit kepala.

Bahkan, bagi Anda yang sungkan untuk berhubungan seks dengan pasangan, akan tetap bisa merasakan manfaat tersebut melalui orgasme yang didapatkan dari masturbasi. Namun, jika Anda melakukan hubungan seks berpasangan, pastikan untuk menggunakan kondom untuk melindungi Anda dari IMS dan kehamilan yang tidak diinginkan.

 

1
/
2