Beuatypedia: 4 Buah Ini Tak Hanya Bikin Sehat, tapi Kulit Glowing Juga Lho!

Abdul Razak
Selasa 25 Januari 2022 10:53 WIB
Beuatypedia: 4 Buah Ini Tak Hanya Bikin Sehat, tapi Kulit Glowing Juga Lho!
Wajah glowing dengan konsumsi buah. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kulit berjerawat dan kusam menjadi salah satu "musuh" wanita, sehingga menjadi kurang percaya diri. Jika sudah seperti itu, maka jalan yang biasa diambil adalah melakukan perawat wajah.

Perawatan wajah untuk menjadikan wajah glowing ternyata tidak harus dilakukan di salon kecantikan saja lho. Anda bisa melakukannya dengan mengosumsi makanan sehat, misalnya saja buah-buahan.

Kesehatan kulit Anda berhubungan langsung dengan diet harian Anda. Diet tinggi makanan olahan, gula, dan karbohidrat sederhana dapat membahayakan kulit Anda. Tanpa buah dan sayuran segar yang cukup, Anda mungkin mengalami penuaan dini, jerawat dan bekas jerawat, dan bahkan kulit kering. Anda bisa kehilangan nutrisi seperti seng, besi, tembaga, dan vitamin A dan D yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Sebagian besar nutrisi penting untuk kesehatan kulit tersedia dalam buah-buahan. Di bagian selanjutnya, kita akan melihat 20 buah teratas yang dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda dan membuatnya tetap bersinar.

Melansir dari Stylecraz, Selasa (25/1/2022), berikut buah yang dipercaya bikin kulit glowing

1. Lemon

Lemon adalah bahan pemutih alami. Mereka kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu membuang racun dan melindungi kulit dari kerusakan akibat foto dan hiperpigmentasi. Jadi, jika Anda memiliki pigmentasi yang tidak merata, bintik hitam, bekas jerawat, atau keratinisasi, coba gunakan lemon untuk mendapatkan kulit bercahaya. 

2. Mentimun

Mentimun juga mengandung air yang sangat tinggi. Buah ini memiliki efek pendinginan pada tubuh dan memiliki sifat antioksidan. Mentimun yang tidak dikupas juga kaya akan vitamin K dan C dan serat makanan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa teripang dapat digunakan untuk mengurangi kerutan

3. Mangga

Mangga kaya akan vitamin A, E, C, dan K, flavonoid, polifenol, beta-karoten, dan xantofil. Mereka membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan DNA dan peradangan. Mereka juga kaya akan gula dan serat makanan, yang membantu mengobati sembelit. Faktanya, mangga sudah digunakan dalam industri kosmetik untuk membuat mentega rambut dan kulit yang telah menunjukkan khasiat penyembuhan luka.

4. Stroberi

Jika kulit Anda rawan jerawat, ini ada kabar baik. Anda cukup makan atau mengoleskan stroberi untuk mendapatkan kulit yang bersih. Stroberi adalah sumber vitamin C dan asam alfa-hidroksi (juga dikenal sebagai asam salisilat). 
Asam salisilat digunakan dalam krim untuk perawatan jerawat karena menembus pori-pori kulit dan membersihkannya. Stroberi juga mengandung asam ellagic yang melindungi kulit dari radiasi UV dan mencegah kerusakan kolagen dan pembentukan kerutan .

Editor : Endang Oktaviyanti