Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Cara Lengkapnya

Bertold Ananda
Kamis 19 Mei 2022 12:55 WIB
Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Cara Lengkapnya
Biaya balik nama mobil bekas dan caranya. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Biaya balik nama merupakan sebuah kewajiban yang harus kamu lalui dan lakukan ketika membeli mobil bekas. Hal itu disebabkan lantaran mobil bekas memiliki surat dan kelengkapan yang tidak sama dengan pemilik baru.

Hal itu membuat pemilik baru mobil bekas mengharuskan untuk melakukan biaya balik nama supaya nama yang tertera pada STNK dan BPKB sesuai dengan pemilik baru. Jika tidak maka nantinya akan  merepotkanmu ketika ingin memperpanjang pajak tahunan atau melakukan pergantian kaleng mobil.

Sebab kamu mesti meminjam KTP pemilik mobil sebelumnya yang tidak kamu kenali  untuk lampiran syarat pembayaran pajak tahunan. Cara tersebut pastinya sangat merepotkan dan mengundang rasa malu.

Oleh sebab itu ada baiknya sebelum membayar pajak tahunan kamu sebagai pemilik mobil mengharuskan untuk melakukan biaya balik nama. Sebenarnya proses biaya balik nama dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun sampai sekarang masih banyak orang yang tidak mengetahui nya.

Maka dari itu melansir Auto2000, Kamis (19/5/2022), berikut prosedur dan langkah biaya  nama mobil bekas.

Tahapan Biaya Balik Nama Mobil Bekas

1. Melakukan Mutasi Kendaraan dan Biayanya

Langkah pertama sebelum melakukan biaya balik nama ada baiknya kamu mulai mengurus mutasi kendaraan lama kamu. Dalam melakukan mutasi terdapat biaya yang perlu kamu siapkan sebagaimana mestinya.

Menurut PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri, terdapat rincian jumlah biaya mutasi mobil bekas yang harus kamu bayarkan. Total biaya mutasi yang harus dibayar Rp945 ribu yang meliputi:

 Biaya cetak atau ganti BPKB Rp375 ribu 

 Biaya Surat Mutasi Rp250 ribu

 Biaya cek fisik kendaraan Rp25 ribu

Tarif penerbitan STNK Rp200 ribu

Tarif penerbitan TNKB Rp100 ribu

2. Melakukan Biaya Balik Nama 

Setelah kamu berhasil mengurus biaya mutasi maka simpanlah lampiran tersebut untuk dibawa pada langkah kedua yaitu mengurus biaya balik nama. Berikut cara melakukan biaya balik nama.

1. Silahkan bergegas untuk mendatangi samsat terdekat.

2. Segera loket samsat dan lakukan cek fisik kendaraan, nantinya petugas akan mengecek fisik mobil Anda. Disaat yang bersamaan, kamu mengisi dokumen tambahan yang diberikan ke loket 1.

3. Lampirkan semua dokumen yang kamu bawa kepada petugas samsat yang bertugas. Selanjutnya kamu berpindah keloket mutasi BPKB.

4. Kamu diharapkan untuk mengisi rangkaian formulir dan sertakan fotokopi KTP dan biaya pelunasan mutasi BBN kendaraan.

5. Lampirkan semua dokumen yang telah diisi dan dipersiapkan ke loket BPKB Online. Nantina kamu akan mendapatkan tagihan BPKB online yang mutlah kamu lunasi.

6. Setelah kamu bayar maka simpan bukti pembayaran BPKB online dan tidak boleh hilang.

7. Beranjak ke loket pembayaran STNK dan simpanlah bukti pembayaran.

8. Kembali lag ke loket BPKB online dan serahkan fotokopi STNK serta foto kopi pembayaran pajak STNK.  

9. Terakhir kamu serahkan juga fotokopi STNK dan pembayaran pajak STNK ke loket Pelat Nomor. Nantinya kamu akan mendapatkan plat nomor baru untuk dipasangkan dikendaraan kamu.

10. Tidak hanya itu saja kamu juga akan menerima surat STNK dan BPKB baru dengan nama pemilik kendaraan yang baru yaitu kamu sendiri.

Editor : Tia Ayunita